Kamis, 07 April 2016

Buat Kamu yang Tertarik Jadi Anggota BEM

sumber : www.ut.edu
Untuk  kalian para mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dan menjadi salah satu anggota organisasi ini, kalian harus mengenal lebih dulu apa BEM itu? Apakah peran dan fungsi dari organisasi tersebut dalam sebuah perguruan tinggi? Juga kegiatan apa saja yang menjadi agendanya. Untuk itu, mari kita bahas bersama mengenai hal hal tersebut.

Apa itu BEM? Badan Eksekutif Mahasiswa yang disingkat menjadi BEM atau biasa disebut juga dengan Himpunan Mahasiswa Universitas adalah sebuah organisasi intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi atau perguruan tinggi. BEM umumnya dibagi menjadi beberapa departemen untuk menjalankan program programnya.

Peran dan Fungsi dari BEM yaitu:
Peran Badan Eksekutif Mahasiswa di dalam kampus secara umum ialah mengkoordinasi kegiatan kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan melalui lembaga atau organisasi kemahasiswaan di dalam kampus. Sedangkan untuk fungsinya, BEM terbagi menjadi 4 fungsi:

1.      Fungsi Aspiratif
Pada fungsi ini, Badan Eksekutif Mahasiswa berperan sebagai penampung serta penyalur aspirasi dan keinginan para mahasiswa.

2.      Fungsi Advokasi
Sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa, mereka harus siap membantu jika terdapat mahasiswa yang mempunyai permasalahan mengenai pembayaran SPP atau penangguhan, permasalahan akademik, transparasi pendanaan kemahasiswaan, serta berperan dalam memperjuangkan hak hak mahasiswa.

3.      Fungsi Koordinasi
BEM berfungsi untuk menjadi tempat berkoordinasi dan berkomunikasi berbagai kepentingan UKM serta menjadi jembatan antara aspirasi mahasiswa dengan pihak REKTORAT.

4.      Fungsi Katalisator, Inisiator, dan Fasilitator untuk seluruh mahasiswa.
Sedangkan tugas dan kegiatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa ini sangat banyak. Salah satunya yang sangat familiar ialah OSPEK atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus yang sudah kalian lalui sebelumnya. Bahkan salah satu persyaratan untuk dapat masuk atau lolos menjadi anggota BEM adalah sudah lulus Ospek lho...

Jadi waktu kalian sedang menjalani Ospek jangan main main serta memperhatikan materi yang diberikan dan sebisa mungkin mengikuti semua kegiatan yang diselenggarakan ya.. Kakak kakak dari BEM akan mengamati dan menilai kalian secara sembunyi sembunyi. Meskipun aturan setiap perguruan tinggi memang berbeda beda mengenai meluluskannya mahasiswa menjadi salah satu anggota BEM, dengan ada yang mempersangkut pautkan pada Ospek atau tidak. Selain itu, pada beberapa universitas ada semacam magang yang diselenggarakan oleh BEM untuk para mahasiswa yang tertarik dan ingin menjadi anggota BEM nantinya. Untuk itu, bagi yang mengikuti magang ini akan memiliki keuntungan tersendiri ketika seleksi anggota BEM. Jadi saran buat kalian yang bener bener ingin banget jadi anggota BEM ikut magang aja deh..

Untuk seleksinya sendiri sebenarnya tidak begitu susah. Asal update tentang pendaftarannya, niat yang bulat disertai usaha dan doa yang maksimal, maka seleksi tidaklah sesulit yang kalian bayangkan. Rata rata pada setiap kampus ada dua tes yang akan dilaksanakan yaitu tes wawancara dan simulasi. Pada tes wawancara, tunjukkanlah seberapa besar minat dan ketertarikkanmu menjadi anggota BEM. Bicara saja apa adanya tapi harus meyakinkan dan semangat. Kakak kakak dari BEM akan senang jika mengetahui kalian begitu berminat pada organisasi tersebut. Manfaatkan sesi tersebut agar dapat bertanya tanya lebih dalam mengenai organisasi ini. Sementara untuk tes simulasi yang terpenting adalah berani bicara dan aktif. Percaya diri saja ketika tes nanti kalian disuruh berbicara di depan orang banyak. Jika kalian dapat berbicara dengan lancar, itu akan menambah nilai tambah tersendiri untuk kalian.


Nah, itulah sekilas informasi seputar Badan Organisasi Mahasiswa yang bisa saya share dengan kalian. Semoga bermanfaat dan memudahkan kalian untuk masuk menjadi anggota BEM nantinya. Selamat berjuang, fighting! :D

1 komentar: