Jumat, 04 Maret 2016

Malas, Menjauhlah Dariku!

Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu. Penyebabnya sendiri karena tidak ada tujuan spesifik dari dalam diri dan pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut, begitupun sebaliknya. Biasanya orang yang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu. Mulailah menghilangkan rasa malas agar tidak berdampak negatif terhadap karir, pendidikan, bahkan kesehatanmu.  Jika rasa malas ini telah berlangsung lama dan terus berlarut-larut maka akan menghambat masa depanmu dan  tanpa disadari akan membuat diri kamu menanam rasa malas yang akut. Untuk itu, diperlukan suatu cara agar rasa malas tersebut dapat menjauh darimu, berikut ini merupakan cara mengatasi rasa malas yang dapat kamu lakukan :

1. Catatlah tujuan dan apa yang kamu impikan
Ketika seseorang memiliki satu tujuan yang jelas dan spesifik maka secara tidak sadar pikiran anda akan memfokuskan energinya untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan mencatat tujuan tersebut maka akan membuat kita terus bersemangat dan tertantang untuk meraih impian kita dan dapat terhindar dari rasa malas.  Apalagi sebagai seorang mahasiswa, tujuan yang jelas akan sangat membantu dalam mencapai impian kita. Kita tidak akan kehilangan pondasi mengapa kita berkuliah. Maka dari itu, sebelum memulai belajar, buatlah tujuan yang jelas dan tertulis. Perhatikan semua hal yang ingin kamu pelajari mulai dari hal terkecil. Kamu juga harus membuat tujuan berapa nilai yang ingin kamu dapatkan setiap mata kuliah di akhir semester dan tumbuhkan keyakinan dalam hati bahkan apa yang kamu impikan akan tercapai, katakan dalam hati bahwa anda pasti bisa melakukannya. 

2. Mulailah Menata Hidup
Rasa malas yang terus menggerogoti dirimu perlu kamu lawan dengan memulai menata hidup yang baik dan terarah. Pastikan segala sesuatu yang berantakan dalam hidup mulai disusun dan ditata menjadi lebih rapi dan teratur. Buatlah jadwal kegiatan harian kamu sedetil mungkin, dan jika kamu melihat suatu benda yang berantakan, beranikan diri untuk mengembalikan posisi benda tersebut ke tempat yang semestinya. 

3. Kerjakan hal sulit di Pagi Hari
Mengapa demikian? Pagi hari adalah waktu dimulainya semua kegiatanmu saat otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh masih fresh dengan penuh semangat. Mulailah pagimu dengan keceriaan dan mengerjakan sesuatu hal yang membuatmu lebih rajin karena hal tersebut dapat berdampak baik terhadap harimu. Biasakan ketika kamu bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurutmu sulit di pagi hari. Jangan biasakan menunda-nunda pekerjaan karena hal itu akan menumpuk beban pikiran dan justru membuatmu malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

4. Motivasilah dirimu
Rasa malas muncul karena berbagai alasan, jangan mau diperdaya oleh rasa malas yang ada pada dirimu. Maka dari itu mulailah untuk memberikan motivasi terhadap dirimu agar rasa malasmu segera menjauh darimu. Kerjakan semua kegiatanmu dengan ikhlas tanpa mengeluh. Senangilah semua kegiatan yang kamu lakukan. Hilangkan mainset negatif yang akan terus membuatmu bersenang-senang dalam kemalasan yang berkepanjangan. 

5. Minimalkan waktu kosong
Buatlah dirimu sesibuk mungkin agar rasa malasmu dapat teratasi. Pola pikir  ini juga dapat bermanfaat agar kamu bisa menemukan hal-hal baru yang belum kamu ketahui dengan cara meninggalkan malas dan mulai bekerja keras. Jangan biasakan menunda-nunda pekerjaan dan mencari-cari waktu kosong sendiri. Lihatlah tugasmu dan putuskan apa tindakanmu selanjutnya. Maka kamu akan tahu persis apa yang harus dilakukan sehingga akan lebih mudah untuk memulai.

6. Relaksasi dan Olahraga secara rutin
Otak yang dipaksa terus menerus dipaksa bekerja maka akan kelelahan juga dan lama-kelamaan akan kehilangan konsentrasi ini. Untuk mengatasi rasa penat tersebut, kamu bisa melakukan relaksasi atau penyegaran selama beberapa menit. Misalnya mendengarkan musik klasik, jalan-jalan di taman yang udaranya sejuk atau memandangi ombak di pantai bagi kamu yang tinggal di pesisir.
Rasa malas juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi berupa vitamin dan kurangnya olahraga. Maka dari itu,  biasakanlah berolahraga secara rutin. Karena dengan berolahraga kita akan terus bersemangat  tiada habisnya. 

7. Lihatlah orang sukses disekitarmu
Mengamati teman yang sukses karena dirinya giat dan tekun dalam bekerja bisa membuat kamu ikut ulet dalam mengerjakan sesuatu. 
“Kalau Dia Bisa, Kenapa Saya Tidak!!” Kata-kata juga harus selalu kamu renungkan untuk menghilangkan rasa malas dan terus menggenjot semangatmu meraih impian. Belajarlah menyingkirkan bosan dan malasmu.Terus belajar dan bekerja keras raih suksesmu.

0 komentar:

Posting Komentar