Jumat, 11 Maret 2016

Hal yang Dilarang Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa terutama mahasiswa baru yang harus menyesuaikan untuk menaati berbagai peraturan baru yang agak sedikit berbeda dengan peraturan untuk pelajar SD, SMP, atau SMA. Meskipun sebagian besarnya hampir sama, namun ada beberapa hal yang lebih dibebaskan ketika sudah kuliah nanti misalnya masalah penggunaan seragam. Karena saat kuliah nanti kita dapat menggunakan baju bebas sesuka hati kita namun harus tetap santun dan pantas. Dan untuk hal apa saja yang dilarang untuk dilakukan oleh seorang mahasiswa, diantaranya ialah :

1. Dilarang menggunakan Narkotika
Penggunaan narkoba memang tidak diperbolehkan bagi orang orang yang tidak mengetahui kegunaan dari zat tersebut yang sebenarnya seperti kita para mahasiswa, pelajar, atau khalayak umum. Karena bagi orang orang dalam dunia kedokteran zat tersebut memang perlu digunakan untuk menangani keadaan tertentu namun dengan dosis tertentu yang sudah ditetapkan yang pastinya sudah dalam bidang mereka. Sementara kita orang yang tidak pada bidangnya sangat dilarang keras untuk menggunakannya khususnya para pelajar dan mahasiswa yang merupakan tunas dan masa depan bangsa. Jika sudah terjerumus akan sangat berbahaya, karena dapat merusak mental dan psikis kita. 

2. Dilarang menggunakan Semua Pakaian Berbahan Jeans
Saat sudah mulai kuliah, para mahasiswa memang diperbolehkan menggunakan pakaian apapun yang mereka inginkan setelah OSPEK selesai selama masih pantas dan santun. Namun tidak untuk kalian yang kuliah mengambil Fakultas Kedokteran. Karena khusus mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kedokteran dilarang menggunakan semua jenis pakaian yang berbahan jeans. Bahkan untuk mahasiswinya diwajibkan untuk memakai rok. Selain itu, mereka juga dilarang untuk memiliki kuku yang panjang, memakai cat kuku, dan menggunakan sandal jepit. Semua itu dimaksudkan agar mereka tetap menjaga kebersihan dan harus steril ketika mereka sedang melakukan praktikum.

3. Dilarang memiliki IPK kurang dari 2,0
Mengapa dilarang memiliki nilai IPK kurang dari 2,0?
Ya kalau IPKnya sampai kurang dari 2,0 pastinya akan sangat membahayakan posisi kalian sebagai mahasiswa, bukan?. Begini penjelasannya, jumlah IPK seorang mahasiswa sangatlah penting apalagi setelah memasuki semester ganjil (3 atau 7) dan IPK mahasiswa masih kurang dari 2,0 maka mahasiswa yang bersangkutan akan terancam di DO atau Drop Out. Namun biasanya sebelum di DO, akan ada surat peringatan dari kampus untuk kalian, sehingga kalian dapat kesempatan untuk memperbaiki IPK tersebut. IPK yang rendah akan membuat pihak dari universitas berpikir jika kalian tidak serius, kurang berusaha, atau mungkin tidak mampu mengikuti materi yang telah diberikan. Maka dari itu, tunjukanlah kemampuan terbaik kalian ketika kuliah dan berusahalah untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nah, kira-kira itulah beberapa hal yang dilarang dilakukan bagi mahasiswa. Meskipun nyatanya masih ada banyak hal yang masih bisa kalian cari tahu sendiri karena cukup umum di masyarakat seperti melakukan tindakan kriminal misalnya. Semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian ya teman.

0 komentar:

Posting Komentar