Kamis, 24 Maret 2016

Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang naik dan turunnya karir seseorang. Dengan lebih tingginya pendidikan dan lebih banyaknya gelar akan membuat orang mudah dalam mencari pekerjaan yang berpenghasilan cukup lumayan. Itulah sebabnya banyak orang yang berusaha untuk tetap meneruskan sekolahnya ke perguruan tinggi meski sudah berumur. Dan untuk mereka yang kurang mampu dapat mengambil jalur prestasi atau beasiswa untuk membantu membiayai sekolahnya.

Sementara, untuk membiayai dan mencukupi kebutuhan sehari harinya ternyata para mahasiswa memiliki cara dan trik tertentu untuk mengakalinya. Dan beberapa diantaranya akan kita bahas berikut ini:

1. Buat skala prioritas
Dengan skala prioritas kita bisa mendahulukan kebutuhan mana yang lebih dahulu harus dipenuhi daripada kebutuhan yang lainnya. Apalagi kebutuhan pokok yang wajib. Jangan sampai uangmu habis hanya untuk hal hal yang tidak penting ya kawan kawan..

2. Berusahalah untuk hidup mandiri
Hidup mandiri disini ialah mencuci baju dan masak makanan sendiri. Karena dengan begitu, uang yang digunakan untuk membayar laundry dan makanan diwarung dapat disimpan dan digunakan untuk hal lainnya. Selain itu, dengan memasak makanan sendiri kita juga bisa lebih menghemat pengeluaran perharinya.

3. Tahan godaan
Jika kalian ingin hemat, maka kalian juga harus berusaha untuk menahan godaan yang ada sampai kalian lulus nanti. Godaan yang terberat biasanya adalah main bersama teman teman. Jika kalian sudah tidak ada kegiatan lagi di kampus segeralah pulang ke tempat kos tanpa mampir ke tempat lain terlebih dahulu. Kecuali ada teman yang berbaik hati akan menanggung semua biaya yang akan kalian keluarkan nanti.

4. Cari warung langganan yang murah
Untuk kalian yang tidak bisa memasak sendiri, inilah jalan yang harus kalian tempuh yaitu mencari warung untuk dijadikan langganan dan murah. Jika kalian tidak tahu tempatnya, tanyalah informasi pada kakak kakak senior kalian yang lebih berpengalaman dan lebih tahu.

5. Aktif pada oraganisasi kampus dan masyarakat sekitar kos
Dengan aktif mengikuti organisasi pasti kalian akan banyak menghabiskan waktu bersama teman teman yang lainnya. Dan jika sudah berkumpul tidak seru tanpa adanya makanan yang mendampingi. Nah, disinilah kesempatanmu untuk makan gratis sepuasnya. Selain organisasi dikampus, kalian juga bisa mendekatkan diri dengan masyarakat sekitar tempat kos. Jadi saat ada acara seperti syukuran, tahlilan, dan lainnya kalian diundang untuk menghadiri acara tersebut.

6. Nebeng teman
Jika tidak punya kendaraan sendiri, kalian bisa nebeng teman yang bawa kendaraan pribadi. Teman pasti akan membantu dan mengerti akan keadaan kalian. Apalagi teman dekat yang dekatnya dari hati.

7. Puasa sunah
Bagi kalian yang beragama Islam, biasakan puasa sunah. karena selain berhemat dengan puasa sunah kalian juga mendapat pahala. Ya kalian tahu sendirilah, pengeluaran yang paling besar kan emang untuk memenuhi kebutuhan perut. Iya kan?

Seperti itulah cara hidup mahasiswa yang berjuang untuk hidup hemat demi mengejar cita-cita untuk masa depan mereka. Kalian juga bisa mencoba dan lihat gimana hasilnya nanti. Jangan mudah putus asa ya kawan, kalian pasti bisa. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar