Kamis, 31 Maret 2016

Apa Alasan Harus Belajar Meskipun di Luar Jam Kuliah?


Menjadi seorang mahasiswa tidak lantas hanya sekedar belajar di kelas saja lho. Masih banyak hal menarik di luar ruangan yang bisa kalian lakukan dan pelajari. Karena tidak semua yang kalian butuhkan untuk bekerja nanti diajarkan ketika berada di kelas. Hal lain itu bisa kalian dapatkan di luar kelas terutama di dalam sebuah organisasi yang bisa kalian ikuti di kampus. Lalu apa saja alasan kuat lainnya yang membuat kalian harus tetap belajar meskipun di luar jam kuliah? Berikut beberapa alasan beserta penjelasannya.

1.      Aktif Berorganisasi Akan Mempermudah Proses Kuliah Kalian.
Dengan aktif berorganisasi bisa membuatmu dekat dengan dosen lebih dari mahasiswa yang lain. Karena tentunya beberapa aktivitas organisasi harus berhubungan dengan beberapa dosen bukan? Tapi bukan berarti mngawali adanya kolusi dan nepotisme lho ya. Yang dimaksud dekat di sini, dengan terbiasa mengikuti jadwal dari dosen maka pengetahuan kalian mengenai rutinitas dosen, jam kuliah, dan segala urusannya jadi bertambah. Hal tersebut dapat memudahkanmu untuk mengatur strategi jitu mencari dosen untuk bimbingan skripsi nanti. Selain itu, kalian juga bisa mencari topik skripsi yang justru mungkin terinspirasi dari hal-hal yang akan kalian temukan di organisasi.

2.      Kalian Akan Lebih Siap untuk Melamar Pekerjaan atau Beasiswa Ketika Lulus Nanti.
Menjadi anak rajin di kelas memang akan membawa IPK yang baik, tapi organisasi akan membawa kalian ke jaringan pertemanan yang lebih luas. Sehingga kalianpun membutuhkan keduanya untuk mencari pekerjaan nantinya. Karena mencari pekerjaan di pada saat ini tidak hanya membutuhkan ijazah saja, namun ada beberapa perusahaan mensyaratkan adanya pengalaman organisasi yang cukup dari diri kalian. Karena orang-orang seperti ini sudah terbukti bisa bekerja sama dalam tim. Selain itu, pengalaman berorganisasi juga membuktikan kualitasmu dalam memecahkan masalah.
Selain untuk melamar sebuah pekerjaan, pengalaman organisasi juga sangat berguna ketika kalian akan mendaftar beasiswa S-2 juga lho. Mengapa demikian? Karena kalian akan dipandang sebagai orang yang peduli terhadap sesama dan tidak mementingkan diri sendiri, sehingga sponsor beasiswa tidak merasa rugi untuk memberi kalian kesempatan kuliah di luar negeri.

3.      Kalian Jadi Terbiasa untuk Mengatur Waktu.
Dengan aktif di dalam dan di luar kelas, kalian jadi terbiasa untuk mengatur waktu dan mencari peluang di tengah keterbatasan sudah menjadi karakter kalian. Ketika kalian aktif berada disebuah organisasi, kalianpun otomatis akan belajar untuk bertanggungjawab agar segala sesuatunya dapat berjalan sesuai dengan yang sudah diatur atau dijadwalkan sebelumnya. Hal tersebut akan membutuhkan pengaturan waktu yang efektif. Kebiasaan itulah yang akan membuat kalian menjadi pribadi yang sangat visioner. Keputusan yang kalian ambil selalu berdasarkan pada rencana beberapa hari ke depan. Oleh karenanya, setelah lulus nanti kamu akan menjadi pribadi yang berkualitas sebab kamu berbicara tentang masa depan di saat yang lain sedang sibuk mencari pekerjaan.

4.      Saat Aktif di Luar Kelas, Kamu Akan Banyak Bertemu Ide Kreatif.
Dengan memiliki banyak ide yang kreatif akan membuat kalian lebih siap untuk masuk ke dunia kerja yang kompetitif. Selain keahlian dalam mengatur waktu yang baik, ide kreatif juga dibutuhkan. Karena sering ikut serta untuk mengadakan acara dan mengolah ide mentah menjadi sebuah konsep yang siap dieksekusi ketika berada di organisasi akan membuat kalian terbiasa bekerja secara kreatif sehingga peka dengan segala potensi yang bertebaran di sekitar kalian. Bekal kalian akan menjadi lebih banyak dari teman-teman yang tidak biasa memiliki ide kreatif. Sehingga, kalian akan mudah untuk berkompetisi di dunia kerja nantinya.

5. Biasa Berhadapan Dengan Birokrasi Kampus Akan Mempermudah Urusan Administrasi Kuliah.
Biasanya yang merupakan salah satu kesulitan ketika berhadapan dengan perbedaan pandangan akan kalian hadapi ketika bersentuhan dengan kerumitan birokrasi kampus. Dengan menjadi aktivis organisasi kampus kalianpun akan sering berhubungan dengan masalah yang satu ini. Sehingga, kalianpun bisa mengetahui agenda kampus dan cukup memahami gejala perubahan mendadak yang sering mengagetkan. Misalnya secara tiba-tiba untuk pembayaran Uang SPP dibatasi sebelum akhir semester.

6.      Kalian Akan Lebih Dekat Dengan Berbagai Kesempatan yang Membanggakan.
Banyaknya teman akan membuat informasi dan kesempatan banyak bertebaran lewat organisasi kampus. Hal tersebut dikarenakan organisasi kampus dianggap sebagai perwakilan mahasiswa yang sesuai dengan minat para mahasiswa. Oleh karena itu, info dari luar kampus kerap masuk ke UKM terlebih dahulu. Tak jarang, kalian juga dapat ditunjuk sebagai perwakilan jurusan atau fakultas untuk menghadiri forum-forum baik lokal, nasional, maupun internasional yang dapat meningkatkan kapasitasmu.


Menjadi mahasiswa kita tentu tidak hanya dapat belajar buku, namun juga dapat berasal dari pengalaman yang akan bermanfaat bagi masa depan kalian. Karena pengalamanlah guru terbaik yang dapat kita andalkan ketika menghadapi suatu permasalahan yang sama. Sehingga tidak hanya belajar secara teoritis, kita juga dapat belajar dengan langsung terjun kelapangan untuk mempraktekkannya. Walaupun tidak bisa dipungkiri jika dengan tergabung dalam sebuah atau mungkin beberapa organisasi di sela-sela kesibukan kuliah memang melelahkan. 

Namun bukan berarti semua kegiatan harus kalian ikuti. Skala prioritas dan minat perlu disusun agar kuliah dan organisasi yang kalian lakoni bisa berjalan berdampingan. Pilih dan lakukanlah kegiatan yang kalian sukai karena memang sesuai dengan passion kalian. Hal hal yang terkait pembahasan di ataspun tidak akan kalian dapatkan pada jam kuliah bukan? Jadi tidak selamanya mengikuti organisasi dan belajar di luar jam kuliah itu membawa dampak yang kurang baik untuk kita. Tidak percaya? 

Coba saja buktikan sendiri!

0 komentar:

Posting Komentar