Jumat, 05 Februari 2016

[Motivasi] 10 Hal yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Tingkat Akhir

Ketika menjadi seorang mahasiswa, pengalaman yang paling berkesan biasanya terasa pada awal semester dan akhir semester perkuliahan. Bagaimana tidak? Pada awal semester kita mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru yang seru yang dimana juga pasti berbeda-beda pada setiap kampus. Sementara pada akhir semester kuliah kita harus menyelesaikan skripsi sebagai pembuktian bahwa kita telah layak mendapatkan gelar sarjana pada masa perkuliahan kita. Kedua kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus kita jalani dan selesaikan dengan penuh semangat serta motivasi positif.

Namun menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir bukanlah perkara yang mudah. Sebab, kita harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Adapun 10 hal yang wajib dilakukan oleh para mahasiswa tingkat akhir sebagai berikut:

1. Memiliki Banyak Ide
Sebagai mahasiswa tingkat akhir kalian harus memiliki banyak ide yang nantinya dapat digunakan untuk membuat bahan skripsi serta mendapat pekerjaan setelah lulus wisuda. Berusahalah untuk mencarinya sendiri terlebih dahulu. Namun jika kalian telah berada di ujung usaha dimana tidak terlintas sedikit pun ide untuk skripsi yang akan kalian kerjakan, maka kalian dapat meminta bantuan dari keluarga, saudara, teman atau bahkan dosen pembimbing yang kalian pilih. Siapkanlah banyak ide dan kreativitas kalian untuk meraih apa yang sudah kalian cita citakan.

2. Mempelajari Manajemen Pekerjaan
Sebelum nantinya terjun ke dunia kerja, kalian harus mempelajari terlebih dahulu mengenai jenis pekerjaan yang kalian inginkan. Sehingga kalian sudah lebih paham dan mengerti mengenai surat lamaran kerja, tips dan trik untuk lulus tes wawancara, dan masih banyak lagi. Itu semua agar kalian tidak terkejut dan siap menghadapi dunia kerja yang penuh dengan tantangan.

3. Membuat Profil pada Jejaring Sosial LinkedIn
Jejaring sosial sangatlah banyak di era yang modern ini. Cobalah membuat profil profesional pada LinkedIn misalnya untuk mendukung latar belakang karir kalian. Pasang foto dan deskripsi pekerjaan yang kalian inginkan, lebih baik lagi bila ditambahkan surat lamaran profesional dan rekomendasi dari orang orang yang tahu kinerja kalian. Jadi kalian tidak hanya ahli dalam menggunakan Facebook atau Twitter saja namun kalian juga bisa ahli dalam menggunakan akun jejaring sosial lainnya yang dapat membantu kalian mudah dalam mencari serta mendapatkan pekerjaan. 

4. Surat Lamaran Kerja Kreatif
Surat lamaran yang umum dan biasa akan begitu membosankan untuk dibaca. Untuk itu, belajarlah membuat surat lamaran yang kreatif dan menarik, sehingga perusahaan tertarik dan memberikan nilai lebih pada kalian. Meskipun hanya surat lamaran, setidaknya itu cukup untuk menarik perhatian lebih dari perusahaan kepada kalian dibandingkan dengan kompetitor kalian yang lain.

5. Menyiapkan Banyak Target
Buatlah banyak rencana dengan menyiapkan banyak target mengenai tempat mana saja yang akan kalian inginkan untuk bekerja di sana. Dengan menyiapkan sebanyak mungkin, kalian tidak akan bingung untuk mencari pilihan yang lain ketika salah satunya gagal. Namun perlu diingat, sesuaikan pekerjaan yang kalian inginkan dengan kriteria dan kemampuan kalian terlebih dahulu. Jangan terlalu memaksakan diri karena itu akan merugikan diri kalian sendiri nantinya.

6. Memanfaatkan Jejaring Sosial
Bersihkanlah dan hentikanlah terlebih dahulu semua postingan buruk kalian dalam jejaring sosial yang kalian punya. Sebab nyatanya beberapa perusahaan terkadang mengintip dan ingin tahu aktivitas apa yang dilakukan calon pegawainya dalam akun sosialnya. Hingga terkadang karena terlalu ketatnya, ada juga perusahaan yang beberapa kali mengontrol pegawainya dari akun sosial yang mereka punya. Tunjukkanlah bahwa kalian adalah seorang profesional, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

7. Menghadiri Job Fair
Sebuah job fair diadakan dengan tujuan supaya para lulusan baru atau lulusan lama yang belum mendapat pekerjaan dapat mengikuti acara tersebut dan diharapkan dapat memperoleh pekerjaan setelahnya. Untuk itu, kalian para mahasiswa tingkat akhir tidak ada salahnya juga mengikuti acara tersebut sehingga kalian dapat belajar bagaimana cara menjaring pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki.

8. Bertanya Pada yang Ahli
Walaupun sudah berpisah jauh dengan senior kalian, tetaplah jaga hubungan baik dengan mereka. Karena siapa tahu mereka bekerja dan memiliki posisi penting di perusahaan yang kalian incar. Jika memiliki kontak mereka, hubungilah dan tanyalah langsung pada mereka mengenai berbagai tips dan trik agar kalian juga dapat diterima pada perusahaan tersebut. Sebab mereka pasti sudah lebih ahli dan berpengalaman dibandingkan dengan kalian dalam urusan mencari dan mendapatkan pekerjaan.

9. Membagi Waktu
Pekerjaan memanglah penting, namun jangan sampai lupa pada tugas akhir kalian yang lebih penting dan harus lebih didahulukan dari urusan pekerjaan. Jangan sampai tugas akhir kalian terbengkalai karena kalian lebih sibuk mengurus masalah pekerjaan. Untuk itu, kalian harus belajar bagaimana caranya membagi waktu yang baik, agar keduanya dapat berjalan berdampingan dan dapat terselesaikan tepat waktu. Sehingga beban kalian akan berkurang dan bisa fokus pada hal yang lainnya juga.

10. Jangan Terlalu Khawatir
Kalian tidak perlu terlalu khawatir akan lamanya waktu untuk bisa memperoleh pekerjaan. Karena memang untuk lulusan yang masih baru, hal tersebut masih dianggap wajar. Asal kalian tekun berusaha dan berdoa, pasti ketika sudah waktunya kalian juga akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, bakat, dan penghasilan yang kalian harapkan.

Nah, itulah 10 hal yang wajib dilakukan oleh kalian para mahasiswa tingkat akhir. Janganlah menunda nunda dan mengundur waktu untuk sidang. Yang ada nanti kalian akan rugi serta akhirnya kalian malah akan cemas dan khawatir sendiri ketika waktunya sudah tiba. Siapkan mental dan terus semangat untuk mengejar cita cita dan harapan kalian!

0 komentar:

Posting Komentar