Jumat, 01 Juli 2016

Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Berprestasi di Kampus


Hei kalian! Masih betah nih jadi mahasiswa yang biasa biasa aja? Atau mau coba yang beda? Jadi asisten dosen atau mahasiswa yang memiliki prestasi gemilang mungkin?

Ayolah.. udah ga jamannya jadi mahasiswa yang biasa biasa aja.. Karena sekarang ini perusahaan perusahaan akan lebih banyak mengincar lulusan berprestasi yang memiliki potensi dan kemampuan yang mumpuni dan tidak diragukan lagi keahliannya. Kalian pasti ingin cepat dapat pekerjaan setelah lulus kuliah bukan?? Kalau mau, coba deh jadi mahasiswa berprestasi di kampus kalian. Dijamin tidak akan ada ruginya kok. Cobalah beberapa kiat sukses menjadi mahasiswa berikut ini yang bisa kalian terapkan mulai dari sekarang.

1.       Tetapkan Target
Buatlah masa kuliah kalian tidak sia sia dan banyak membuang buang waktu. Tetapkan target dan tujuanmu untuk kuliah sejak awal. Ingin menjadi apa dan lulus dengan IPK berapa mungkin. Karena dengan adanya target yang pasti dan jelas, niat serta tekadmu akan tergugah secara sendirinya. Tegaskan dengan mengoptimalkan segala potensi yang kalian punya untuk selalu belajar dan berkarya selagi masih sempat dan masih ada waktu.

2.       Pahami Lebih Jauh Mengenai Jurusanmu
Sebelum menetapkan jurusan yang kalian ambil, kalian pasti sudah mempertimbangkan banyak hal bukan? Untuk itu, pahamilah dan pelajarilah jurusan yang sudah kalian ambil lebih jauh. Buatlah strategi dan persiapan sebelum akhirnya mengambil mata kuliah dengan memahami buku panduan akademik. Jangan sampai kalian tertinggal pada akhir masa perkuliahan nantinya dengan sibuk mengambil dan memperbaiki mata kuliah. Maka dari itu, optimalkanlah waktu yang kalian punya.

3.       Carilah Cara Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan Buatmu
Cara belajar setiap orang dengan karakter yang berbeda pasti pola belajarnya akan berbeda beda pula. Begitupun juga dengan kalian. Carilah cara belajar yang nyaman dan menyenangkan supaya tidak lekas bosan. Karena jika sudah mulai bosan, maka rasa malas akan segera menghampiri. Itu yang gawat! Rasa malas akan mengganggu semangat dan gairahmu untuk belajar hingga akhirnya kalian akan melewatkan banyak waktu begitu saja tanpa berbuat apapun yang tidak membawakan hasil yang baik. Dan akhirnya kalian akan stress sendiri dikejar kejar waktu.

4.       Banyak Belajar dan Berlatih
Ketika banyak belajar kalian akan banyak membaca. Dengan banyak membaca maka kalian akan mendapat lebih banyak ilmu yang bermanfaat serta dapat memperluas wawasan kalian. Sedangkan dengan banyak berlatih akan membuat kita semakin terampil dan menguasai suatu bidang tertentu. Kalian tidak perlu menjadi pintar untuk mengalahkan mahasiswa lainnya yang pintar, cukuplah menjadi rajin saja.  Rajin rajinlah berkunjung ke perpustakaan atau toko buku. Ambillah dan seraplah semua ilmu yang kalian dapat serta gali lah potensi yang kalian punya. Maka kalianpun dapat mengalahkan mereka yang pintar namun malas memanfaatkan dan mengoptimalkan kepintarannya. Ingatlah ilmu tidak lah seperti harta yang habis bila dibagi, namun malah akan semakin bertambah. Ingatlah juga petuah ini “Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan”.

5.       Kenali Lingkungan Sekitarmu
Kenalilah lebih dulu lingkungan sekitarmu. Apalagi buat kalian yang tinggal di tempat kos dan jauh dari orang tua. Karena nyatanya lingkungan dapat mempengaruhi pembentukan karakter pada diri mahasiswa. Jangan sampai kalian terjerumus ke dalam lingkungan yang tidak baik. Pandai pandailah menempatkan diri dalam segala situasi dan kondisi. Sebaiknya carilah kos-kosan atau kontrakan yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dengan kampus, aman, dan memenuhi standar kesehatan, lingkungan yang mendukung dan dekat dengan masjid atau mushola.

6.       Tanya pada Senior atau Mereka yang Sudah Berpengalaman
 Jika kalian cukup dekat dengan kakak kelas atau seniormu, lebih baik tanyalah langsung padanya. Karena mereka pasti lebih banyak berpengalaman dibandingkan dengan kalian. Tanyalah mengenai mata kuliah dan permasalah yang kalian alami. Mereka pasti akan senang berbagi pengalaman dengan kalian. Selain itu, dengan bertanya kalian akan lebih efisien energi dari kesalahan dan kejadian yang tidak perlu kalian lakukan.

7.       Miliki Waktu Belajar yang Pasti
Ketika kalian sudah mampu beradaptasi pada kampus baru kalian, kalian bisa sedikit demi sedikit menyusun jadwal terutama jadwal belajar kalian yang pasti. Maksudnya pasti di sini ialah tidak perlu terlalu lama asalkan rutin. Hal tersebut bertujuan untuk membantu otak kita merefresh dan mengingat kembali materi kuliah yang telah kita dapatkan. Usahakanlah untuk berprinsip untuk beberapa langkah lebih maju dari teman teman mahasiswamu yang lainnya.

8.       Aktif Bertanya dan Antusias dalam Setiap Mata Kuliah
Ketika belajar, siapkanlah pertanyaan pertanyaan yang tidak kalian mengerti untuk diajukan kepada dosen keesokan harinya. Saat sudah mendapatkan jawaban yang kalian inginkan, rangkumlah dan susunlah kembali ke dalam bahasa yang mudah untuk kalian mengerti dan pahami. Aktiflah bertanya jika masih ada hal yang tidak kalian mengerti mengenai materi yang telah diberikan oleh dosen. Jangan malu dan takut untuk bertanya, serta tidak perlu perdulikan perkataan mahasiswa lainnya yang berkomentar buruk tentang kalian. Tanamkan saja pada diri kalian, bahwa kalian belajar bukan untuk dinilai oleh orang lain namun untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat secara utuh.

9.       Buat Dosen Tahu dan Mengenal Nama serta Potensimu
Untuk membuat dosen tahu dan mengenal nama serta potensimu, kalian tidak perlu terlalu dibuat buat karena akan terlihat tidak baik. Tunjukkan saja kehadiranmu dengan aktif bertanya dan antusias pada mata kuliah yang ada serta tunjukkan pula prestasi terbaik kalian. Selain itu, kalian juga bisa bersilaturahmi dan berbuat baik kepada mereka. Usahakan duduk di kursi depan dekat dengan sumber ilmu, tegakkan bahu, condongkan 5 cm kedepan, anggukan kepala setiap kalian memahami dan tersenyumlah dengan tulus. Seperti yang sudah kalian tahu, orang bisa dihargai karena ia belajar untuk menghargai orang lain.


Nah, kurang lebih itulah kiat kiat sukses yang bisa kalian terapkan sekarang dan jadilah mahasiswa berprestasi di kampus kalian. Karena jika bukan sekarang kapan lagi? Semakin kalian mengulur ulur waktu, maka akan semakin banyak waktu yang terlewatkan begitu saja tanpa kalian sadari. Oleh karena itu, segeralah beranjak dari hal tersebut dan jadilah mahasiswa dengan banyak prestasi yang dapat dibanggakan serta menjadi awal yang baik untuk mendapat pekerjaan yang bagus nantinya. Mulailah sekarang juga!

0 komentar:

Posting Komentar