Selasa, 09 Februari 2016

7 Keuntungan Menjadi Mahasiswa Informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang mempelajari teknologi informatika seperti sistem jaringan, sistem komputer, bahasa pemrograman, algoritma, desain, hingga interaksi manusia dengan komputer. Karena sekarang ini sudah era modern yang melek akan teknologi sehingga membuat banyak calon mahasiswa meminati jurusan tersebut dengan tujuan dapat terus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Persaingan ketatpun sering terjadi untuk mendapatkan bangku kuliah pada jurusan ini. Meskipun secara otomatis jika sudah masuk maka akan banyak tugas yang didapatkan namun di baliknya ada hal yang selalu mereka harapkan. Tentu saja karena peluang kerja yang memiliki prospek cukup tinggi pada jurusan tersebut yang penghasilannya juga cukup menjanjikan.

Meskipun tidak hanya jurusan ini saja yang menyangkut tentang IT. Namun kini hampir setiap perusahaan telah memiliki divisi IT yang nantinya akan menjadi peluang kerja yang cukup besar untuk mahasiswa lulusan IT termasuk mahasiswa informatika. Tidak hanya itu saja, masih ada keuntungan lainnya juga menjadi mahasiswa informatika. Apa saja itu? Berikut bahasannya…
  1. Tidak Gaptek atau Gagap Teknologi
Tentu saja mahasiswa informatika tidak gaptek, bahkan sangat melek akan kemajuan teknologi. Keuntungan itulah yang paling penting bagi mahasiswa jurusan ini sehingga mereka dapat lebih peka akan perkembangan teknologi yang sedang maju majunya saat ini. Hal tersebut pula yang membuat para mahasiswa lebih terbuka dan menyadari perkembangan teknologi yang dapat mendukung kesuksesan kuliah serta membuat mereka dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai perkembangan dari suatu perangkat teknik informatika yang mereka butuhkan. Tidak lucu kan kalau di era yang sudah maju ini, kalian masih saja sulit untuk meraba perkembangan teknologi?
  1. Paham Akan Pemrosesan Informasi pada Komputer
Sebenarnya komputer termasuk sebuah alat yang cukup rumit dalam memproses informasi yang didapatnya. Oleh karena itu,  bagi mereka yang mempelajari jurusan informatika akan lebih mudah untuk memahami pemrosesan yang sedang terjadi dalam suatu sistem. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu kalian ketika akan membangun suatu sistem yang baru dengan menaruh inovasi dan kreasi yang lebih menarik dari sistem yang sudah ada.
  1. Menciptakan Serta Mengembangkan Software dan Hardware
Merakit sebuah komputer, membuat software, dan juga pemrograman merupakan salah satu keunggulan dari mahasiswa informatika. Merekapun juga dapat mengembangkan sebuah hardware ataupun software yang lebih friendly bagi pengguna atau user. Karena ketika mereka menggunakan sendiri sebuah perangkat atau program, mereka akan mempelajari kekurangan dan akan mengotak atik sendiri program tersebut sehingga lebih nyaman bila dipakai baik oleh dirinya sendiri maupun orang lain. Begitu pula pada aplikasi dan software lainnya yang dapat mereka garap.
  1. Dapat Memperbaiki Perangkat Pribadi Miliknya Sendiri
Ketika sebuah perangkat pribadi seperti smartphone, laptop, serta PC yang mereka gunakan mengalami gangguan atau kerusakan, mereka akan dengan mudah memperbaiki dan mengatasi permasalan tersebut sendiri sehingga tidak perlu membayar jasa service yang terkadang memakan biaya yang cukup besar. Namun semua itu juga harus didampingi dengan banyak berlatih dan belajar tentunya. Bukan hanya asal asalan saja.
  1. Dapat Membangun Sebuah Sistem
Saat ini sudah banyak mahasiswa dari jurusan ini yang telah menjadi andalan untuk membangun atau mendevelop sebuah sistem, baik dari perangkat lunak hingga perangkat keras yang dipergunakan untuk suatu kepentingan tertentu. Selain itu, merekapun juga dipercaya untuk mengembangkan semua sistem tersebut. Sehingga tak jarang perusahaan yang mengincar mahasiswa informatika untuk menjalankan bisnisnya.
  1. Menjadi Jasa Konsultan IT
Menjadi konsultan IT juga dapat dilakoni oleh para mahasiswa informatika lho... Tugas dari konsultan IT ialah membantu para kliennya untuk memperoleh informasi mengenai pemasangan dari suatu sistem, sehingga sistem itu dapat berjalan dengan baik. selain itu, mereka juga dapat menciptakan perangkat – perangkat yang sudah dikembangkan dan dapat menjadi konsultan dalam proses perakitan suatu komputer.
  1. Dapat Menciptakan Bisnis Sendiri
Selain dapat bekerja dalam sebuah perusahaan, para mahasiswa informatika juga dapat menciptakan bisnis sendiri sehingga dapat memberikan peluang kerja pada orang lain. Contohnya saja Zahir acounting yang merupakan salah satu bentuk bisnis yang bernafaskan teknologi informasi. Atau Kaskus yang didirikan oleh Andrew Darwis yang menjadi sebuah perusahaan Startup lokal yang sukses. Dan masih banyak lagi Startup lainnya yang umumnya digagas oleh sarjana IT. Jadi selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri, menjadi mahasiswa informatika juga dapat bermanfaat bagi orang lain.


Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika menjadi mahasiswa informatika. Sekarang di Indonesia jurusan tersebut juga sudah cukup banyak tersedia di universitas ataupun sekolah tinggi misalnya saja STEKOM. Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer di Semarang ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berfokus pada 2 bidang yang berkaitan dengan elektronika dan komputer dengan taraf Diploma dan S1. Pada perguruan tinggi tersebut juga diadakan yang namanya program kuliah kelas karyawan yang memungkinkan untuk para mahasiswanya bekerja sambil kuliah. Sehingga sembari menuntut ilmu, kalian juga dapat menambah pundi pundi penghasilan kalian. Jadi buat kalian yang ingin menjadi mahasiswa informatika jangan ragu lagi untuk masuk jurusan ini, ok! Semoga sukses.

1 komentar:

  1. Makasih kk infonya...
    jadi saya tidak akan ragu lagi untuk masuk jurusan informatika
    walau pun saya agak takut sama namanya MTK tapi namanya juga belajar tidak ada yang mudah Hehe

    BalasHapus