Jumat, 19 Februari 2016

5 Panduan Dapatkan Beasiswa Luar Negeri


"Bagaimana caranya sih bisa kuliah ke luar negeri?" adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh seseorang yang bermimpi kuliah ke luar negeri.  Karena berkuliah di luar negeri bisa jadi salah satu cara orang mengubah nasibnya agar menjadi lebih baik. Lulusan luar negeri pun sangat diperhitungkan oleh perusahaan-perusahaan. Namun sayangnya masalah biaya selalu menjadi kendala seseorang untuk melanjutkan biaya ke luar negeri. Tapi tak perlu khawatir, sekarang ini para pencari bibit-bibit muda berkualitas yang memberikan beasiswa untuk kamu yang ingin berkuliah ke luar negeri. Bagaimana cara mendapatkannya? Berikut ini merupakan paduan mendapatkan beasiswa ke luar negeri :

Persiapkan surat rekomendasi dari dosen

Surat rekomendasi sangat penting bagi mereka yang menginginkan beasiswa ke luar negeri, karena hampir semua beasiswa mewajibkan pelamarnya untuk menyertakan surat rekomendasi dasi dosen atau guru. Surat rekomendasi ini bisa menjadi penentu diterima atau tidaknya Anda dalam sebuah program beasiswa. Alangkah lebih baik jika Anda meminta beasiswa dari dosen Anda yang sudah Profesor atau sudah pernah menerbitkan jurnal/karya tulis internasional, karena hal ini akan menjadi nilai plus Anda. Pastikan dosen tersebut juga benar-benar mengetahui potensi akademik Anda selama belajar di bawah bimbingannya, sehingga surat rekomendasi Anda lebih meyakinkan. Maka jagalah  hubungan baik dengan mereka yang bisa memberimu rekomendasi.

Buatlah CV yang informatif, meyakinkan dan berkualitas
Cara pemberi beasiswa tahu pengalaman dan pencapaianmu adalah dengan melihat ke CV-mu. Dalam CV mereka akan mendapatkan gambaran bagaimana dirimu selama ini telah berkembang. Belajarlah untuk membuat CV dengan format yang baik dan benar. Jangan lupa untuk memilih foto yang terlihat meyakinkan dan percaya diri. Pastikan juga untuk menyebutkan prestasi-prestasi yang pernah kamu raih, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, pengalaman mengikuti seminar/event internasional serta kemampuan berbahasa asing.

Buatlah aplikasi ampuh
Buatlah sebuah motivation letter. Tujuannya adalah untuk menunjukkan mengapa kamu tertarik mengambil bidang studi yang kamu pilih dan memperlihatkan mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa. Segai bagian krusial yang akan menentukan bagaimana kelanjutan lamaran beasiswamu, berusahalah meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu punya komitmen untuk memberikan yang terbaik sehingga layak menerima dana mereka. Satu yang paling penting, kamu harus punya passion terhadap bidang yang kamu pilih. Semangat dan kecintaan terhadap bidang studi itu akan terasa di motivation lettermu.

Maka dari itu, gali terus kemampuanmu dan sertakan permohonan aplikasi yang akan dikirim. Dan jangan lupa perhatikan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing pemberi beasiswa. Selain itu, kamu juga dapat melampirkan catatan prestasi akademik di atas persyaratan minimal dan melampirkan  pengalaman-pengalaman organisasi atau pekerjaan yang berhubungan dengan beasiswa yang dilamar. Jadi berilah yang terbaik untuk mendapatkan kesempatan emas belajar di luar negeri ini.

Latihan sebelum interview
Setelah kamu lolos seleksi administrasi lewat CV dan motivation letter maka tahap selanjutnya adalah tes wawancara. Kamu perlu mempersiapkan diri sebelum wawancara agar tidak grogi dan agar mampu menjawab semua pertanyaan panelis dari negara pemberi beasiswa atau dari Profesor yang kompeten. Persiapan yang dapat kamu lakukan adalah biasakan diri untuk berbicara dengan bahasa Inggris (atau bahasa lain yang akan digunakan dalam wawancara) minimal 2 hari sebelum wawancara berlangsung. Cara ini akan melatih lidahmu sehingga kamu tetap tenang, fokus, percaya diri dan dapat menjawab dengan meyakinkan di depan panelis. Jangan lupa bekali dirimu dengan pengetahuan soal bidang studi yang kamu pilih dan tunjukkan semangatmu untuk belajar dengan beasiswa.

Berdoa
Setelah semua usaha yang kamu lakukan sudah maksimal, jangan lupa untuk melakukan panduan yang terakhir dan yang paling utama, yaitu berdoa. Dan hanya kepada Allah SWT kita pasrah dan menyerahkan segalanya kepada-Nya. Bahkan keajaiban yang akan dimunculkan oleh Allah SWT kepada siapa yang taat dan patuh serta menyebut nama-Nya. . Semoga beasiswa yang kamu cita-citakan bisa terkabul dan impian untuk kuliah ke luar negeri dapat menjadi kenyataan.


0 komentar:

Posting Komentar