Jumat, 29 Januari 2016

[Tips] 5 Tips Seru Cara Atur Keuangan Agar Setiap Hari Terasa Seperti Tanggal Muda

Masa muda adalah masa yang paling menyenangkan untuk dihabiskan bersuka ria dengan teman. Namun disadari atau tidak, justru hal itulah yang sering membuat pengeluaran membengkak. Faktor pendorong munculnya budaya boros ini adalah sulitnya membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Keinginan lebih sekedar pada hasrat yang kita miliki yang tidak perlu dipenuhi dalam waktu dekat. Sedangkan jika kebutuhan adalah keinginan terhadap sesuatu yang semestinya harus dipenuhi. Agar tidak terjadi kesalahan dalam mengartikan keduanya maka diperlukan suatu pengaturan keuangan yang baik.

Mengatur keuangan sebenarnya tidaknya sulit, hanya diperlukan niat dalam diri sendiri untuk membatasi pengeluaran yang terjadi. Lantas apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatur keuangan kita? Yuk ikuti tips dibawah ini !

1. Tetapkan budget harian/mingguan dan skala prioritas!
Untuk memulai sebuah pengaturan keuangan diperlukan sebuah perencanaan yang matang. Mulai dari daftar kebutuhan, alokasi dana hingga membuat skala prioritas perlu direncanakan dengan detail serta tertata rapi. Dengan begitu, kalian akan menjadi lebih mudah mengontrol pengeluaran.

Berikut adalah contoh daftar kebuhan dan alokasi dana yang diperlukan yang mungkin bisa kalian tiru:
a. Uang bulanan = Rp 1.000.000,-
b. Untuk ditabung = Rp 100.000,-

Jadi dalam sebulan kalian mempunyai uang jalan sebesar Rp 900.000,- dan jika dirinci akan menjadi sebagai berikut  :
a. Uang mingguan = Rp 275.000,-
b. Biaya makan satu minggu = Rp 150.000,-
c. Biaya pulsa internet = Rp 25.000,-
d. Hangout = Rp 25.000,-
e. Kebutuhan sehari-hari (pasta gigi, sabun muka, dsb.) = Rp 20.000,-
f. Bensin = Rp 25.000,-
g. Uang darurat = Rp 30.000,-

Kalau sudah terinci dengan jelas, berkomitmenlah untuk membelanjakan dana yang kalian miliki sesuai dnegan daftar pengelurana yang telah kalian buat. Jadi dengan begitu maka kalian akan lebih mudah mengontrol uang yang akan kalian keluarkan. 

2. Manfaatkan kupon diskon yang tersebar di internet!
Mau makan, karaoke, beli buku sampi beli sepatu dengan harga murah?
Caranya mudah, tak perlu keluar uang banyak, cukup cek diskon yang ditawarkan di internet saja. Siapa tahu ada restoran, tempat karaoke, atau toko buku yang menawarkan kupon diskon untuk kalian?

3. Beli barang secondhand? Why Not???
Apa bedanya barang baru dan barang bekas? Bukankah fungsi yang dimilikinya adalah sama?
Sering kali membedakan barang baru dan bekas tidaklah mudah. Apabila dilihat dari wujud fisiknya, sebenarnya barang baru dan bekas berwujud sama seperti yang dijual di toko. Fungsinya pun juga sama dengan spesifikasi yang sama dari produsen. Jadi yang membedakan keduanya itu apa?
Jawabannya adalah harga. Harga barang bekas tergolong lebih murah bahkan terkadang bisa hemat 50% sendiri. Karena itu jangan ragu membeli perabot, gawai elektronik, baju dan sepatu yang sebelumnya sudah menjadi milik orang lain. Carilah barang-barang tersebut di online marketplace terpercaya untuk mendapatkan barang-barang "secondhand" dengan kualitas yang tak kalah dari barang baru.

4. Pacaran di rumah juga tidak kalah seru kok! Yuk kita coba!
Ngemall, nonton bioskop, atau pergi ke suatu tempat yang romantis sudah mainstream bukan?
Tak ada salahnya kok untuk nge-date dirumah bersama pacar. Hal ini merupakan cara efektif untuk menghemat uang sampai tanggal tua dan bisa juga menjadi caramu agar lebih dekat dengan si dia. Tak harus berdua-duaan di kamar kok. Kalian bisa mengajak Ibu atau Ayah untuk memasak bersama, mengundang saudara untuk nonton bareng, atau hanya sekedar main game dengan pasangan juga seru kok. Kalau mau setiap hari terasa layaknya tanggal muda, lupakan deh mimpi dating dengan candle light dinner tiap malam Minggu!

5. Uang mulai menipis, kenapa tidak mencoba merintis usaha? 
Walau sudah mengatur keuangan dengan sebaik mungkin, terkadang ada pengeluaran tak terduga yang menghancurkan semua rencanamu. Kalau sudah begitu kita harus bagaimana?
Solusinya adalah mulailah merintis bisnis online. Coba deh pikirkan bisnis apa yang bisa kalian rintis sebagai sampingan, tapi juga punya prospek untuk bertahan dan semakin berkembang. kalian bisa mulai dari hobimu atau bakat yang kalian punya di luar kewajibanmu sebagai mahasiswa. Seiring perkembangan bisnismu, kalian akan lupa bedanya tanggal tua dan tanggal muda. Semua tanggal akan terasa sama menyenangkannya.
Bisnis online, dengan modal sedikit bisa menghasilkan untung yang berlipat ganda. Kenapa tidak kita coba?

Itulah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatur keuangan bulanan kalian, agar kalian tidak terjebak dengan istilah tanggal tua. Dan menyulitkan kalian pada keadaannya, kalian harus mulai realistis dan lebih bijak pada keuangan kalian sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar