Rabu, 30 Desember 2015

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa

Jika dihitung hitung memang tidak akan ada habisnya apa yang kita perlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari – harinya. Yang akhirnya berujung dengan adanya pengeluaran yang cukup besar. Padahal sebagai orang yang konsumtif kita juga harus pandai pandai membedakan mana yang disebut kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan saja.

Dengan begitu kita dapat memperkecil pengeluaran dan mudah dalam mengelola keuangan kita. Apalagi untuk para mahasiswa yang tinggal dikos dan jauh dari orang tua. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengelola keuangan khususnya untuk para mahasiswa. Langsung aja disini

1. Buat daftar kebutuhan
Buatlah daftar mengenai kebutuhan apa saja yang kamu perlukan selama satu bulan. Hitunglah besar anggaran yang akan kamu keluarkan. Utamakan kebutuhan primermu misalnya biaya makan sehari hari selama sebulan. Dan untuk yang belum begitu diperlukan lebih baik dikesampingkan terlebih dahulu. 

2. Bagi uang
Yang dimaksud bagi uang disini ialah membagi uangmu menjadi beberapa kelompok. Misalnya saja dikelompokkan menjadi 3 yaitu: Uang sehari – hari, Uang Darurat, dan Uang tabungan.

Sebelumnya kamu pasti sudah membuat daftar kebutuhan bukan? Nah, dari situ kamu pasti akan mengetahui berapa besar pengeluaran yang sudah pasti kamu keluarkan. Uang sehari – hari itulah yang akan kamu gunakan untuk memenuhinya. 

Sedangkan uang darurat akan kamu pergunakan ketika kamu berada dikeadaan yang mendesak dan uang sehari – harimu sudah habis, misalnya untuk keperluan kesehatan. Dengan begitu kamu tetap bisa menabung dan uang tabunganmu tidak akan tersentuh sehingga bisa kamu pergunakan suatu saat nanti.

3. Memasak makanan dan mencuci baju sendiri
Usahakan masaklah makananmu sendiri. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat dibandingkan membelinya di warung makan. Selain memasak, jika kamu mencuci pakaianmu sendiri itu juga akan lebih memperkecil pengeluaranmu. Hal tersebut terbukti lebih efisien dan membuatmu belajar untuk hidup mandiri.

4. Cari kerja sampingan
Jika kamu mampu dan ingin memperoleh pemasukan lebih, cobalah untuk mencari kerja sampingan yang bisa kamu kerjakan saat tidak ada jam kuliah. Dengan begitu, selain menghabiskan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat, kamu juga dapat mengisi penuh pundi pundi keuanganmu. 

Tapi kamu juga harus ingat untuk tetap menjaga kesehatanmu dengan mengetahui sampai sebatas apa tubuhmu dapat bertahan. Jangan sampai tubuhmu terforsir yang menyebabkan kamu jatuh sakit. Nanti bukannya tambah hemat malah jadi tambah boros lagi.

5. Kendalikan dirimu
Hal yang paling sulit ialah mengendalikan diri kita. Mengendalikan diri dari shopping barang barang yang tidak perlu sampai hangout bersama teman teman yang sering kali membuang banyak uang kita.  

Meskipun sangat sulit, tapi cobalah untuk tidak tergiur dan ingatlah apa tujuanmu yang sebenarnya ketika memutuskan tinggal berjauhan dengan orang tuamu. Jika kamu ingat, secara otomatis kamu akan mudah mengendalikan diri dari hal hal tersebut. Ya.. meskipun demikian, jika untuk penyegaran sekali – sekali boleh juga.

Begitulah beberapa cara untuk mengelola keuangan yang bisa kamu coba dan kamu terapkan. Jangan mudah menyerah dengan suatu keadaan. Tetap semangat dan kejarlah cita – citamu yang akan membuat bangga orang tuamu. Jangan sampai kamu kecewakan mereka yang sudah pontang – panting demi cerahnya masa depanmu kelak.

Semoga bermanfaat dan membantu memecahkan persoalan keuanganmu. Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar