Rabu, 23 Desember 2015

5 Tips Hilangkan Stress Bagi Mahasiswa

Ketika sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, ketika itulah yang merupakan saat saat yang begitu menyenangkan dan menantang. Kita dapat bertemu dan berkenalan dengan banyak teman baru, menambah pengalaman, semakin memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat, mengembangkan diri dengan mengikuti organisasi, serta dapat melatih kita hidup mandiri. 

Meskipun banyak hal yang menyenangkan semasa kuliah, lantas tidak membuat mahasiswa menjadi terhindar dari yang namanya stress. Banyaknya tugas dari dosen, pekerjaan rumah yang menumpuk, serta jadwal ujian yang padat sering kali membuat para mahasiswa tertekan dan stress. Apalagi ketika sedang dikejar kejar deadline namun situasi tidak mendukung, hal tersebut akan membuat para mahasiswa semakin frustasi. 

Stress yang berkepanjangan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Karena itu akan membahayakan kondisi mental para mahasiswa. Untuk itu, mahasiswa juga memerlukan adanya refreshing dan relaksasi untuk menyegarkan kembali pikiran mereka dengan berlibur misalnya. Sehingga mereka dapat beraktivitas normal kembali atau setidaknya beristirahat untuk sementara waktu.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak punya begitu banyak waktu untuk berlibur supaya tidak stress? Tentu saja ada solusinya, diantaranya:

1. Istirahat yang Cukup
Sebagai mahasiswa, kita harus mulai pandai pandai memanage waktu terutama waktu untuk beristirahat. Jangan biasakan tidur terlalu larut malam dan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas kuliah sampai rela begadang bahkan tidak tidur. Mulai saat ini, kurangilah kebiaasan buruk tersebut. Umumnya orang dewasa memerlukan waktu istirahat setidaknya 7 – 8 jam setiap harinya. Selain itu, kurang tidur juga mendatangkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

2. Jaga Pola Makan yang Teratur dan Sehat
Tubuh yang terlalu banyak beraktivitas akan membutuhkan nutrisi yang lebih untuk mengembalikan kondisi tubuhnya. Untuk itu kita perlu menjaga pola makan kita supaya tetap teratur dengan memakan makanan yang bergizi dan sehat. Saran ini sangat sangat direkomendasikan untuk kalian kalian para mahasiswa yang tinggal di tempat kos. Kurangi memakan makanan yang instan seperti mie dalam kemasan dan beralihlah pada makanan yang sehat serta kaya akan serat seperti sayur sayuran, buah buahan, dan makanan lainnya yang mengandung banyak protein dan juga karbohidrat.

3. Cobalah Terbuka dan Berbagi dengan Teman
Biasanya ketika stress sedang melanda, kita akan membutuhkan orang lain sebagai tempat berbagi perasaan dan pikiran. Kalian bisa mencoba untuk membuka diri dan bergabung dengan forum atau organisasi mahasiswa yang ada dikampus kalian. Di sana kalian pasti juga akan menemukan teman yang mungkin memiliki keluh kesah yang sama dan dapat diajak bertukar pikiran dan pendapat. Dengan mencurahkan semua kepada teman kalian, mungkin akan cukup mengurangi stress yang kalian rasakan.

4. Lakukan Hal yang Merupakan Hobimu
Sibuk dan padatnya jadwal ujian dan kuliah membuat mahasiswa tak punya waktu untuk melakukan hobby yang disukainya. Karena itu, potensi timbulnya stress pun menjadi cukup tinggi. Jadi sesibuk sibuknya kalian mengerjakan tugas, setidaknya sempatkan sedikit waktu untuk melakukan hobby kalian. Mungkin sekali atau dua kali dalam seminggu tentu akan begitu membantu mengurangi stress yang melanda kalian. 

5. Konsultasi dengan Dosen atau Pembimbing
Jika kalian cukup percaya dan dekat dengan dosen atau pembimbing kalian, konsultasi dan mintalah saran dan nasehat darinya. Mereka pasti lebih memiliki banyak pengalaman mengenai masalah tersebut dan akan dengan senang hati berbagi solusi dengan kalian sebagai mahasiswanya.

Nah, kira kira itulah 5 tips untuk kalian para mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu untuk menghilangkan stress kalian. Semoga dapat bermanfaat dan juga membantu menghilangkan atau setidaknya dapat mengurangi stress yang kalian rasakan. Jangan lupa untuk segera di coba yaa..

0 komentar:

Posting Komentar