Rabu, 16 Desember 2015

5 Hal Utama Penyebab Skripsi Melambat

Wisuda merupakan moment  terindah yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa. Mengenakan toga, maju ke panggung dan menerima sertifikat kelulusan adalah hal yang ditunggu dan sangat mendebarkan. 

Wisuda adalah  moment penuh sukacita dimana perjuangan selama bertaahun-tahun menimba ilmu dibangku perguruan tinggi akhirnya terselesaikan. Sebagai simbol berakhirnya masa jenjang pendidikan seseorang, sering kali wisuda juga dianggap sebagai awal masa kedewasaan karena sebagian besar dari lulusan mahasiswa akan melanjutkan kehidupan ke jenjang berikutnya yakni dunia kerja.

Indahnya membayangkan bagaimana moment wisuda, terkadang membuat kita harus kembali berfikir realistis. Masih ada ujian terbesar sebagai mahasiswa tingkat akhir yang harus kamu lewati  dengan sempurna sebelum toga melekat di kepalamu penuh bangga, dan itu adalah skripsi. Kebanggaan menyandang gelar sarjana terkadang harus dikubur dalam-dalam ketika skripsi tak kunjung selesai. 

Untuk kamu yang skripsinya tertunda, evaluasi dirimu kembali, apa yang salah dan bagaimana solusinya. Di bawah ini kami sajikan 5 hal utama yang menjadi penyebab  skripsi tertunda dan solusinya :

Tercipta mindset bahwa skripsi itu sulit

WTS atau yang lebih dikenal dengan Wisuda Tuna Skripsi seringkali menemui berbagai masalah karena sejak awal mereka memulai untuk menyusun skipsi sudah berfikiran negatif bahwa skripsi itu sulit. Apabila fikiran terus menerus ada dalam benak kamu, maka secara tidak sadar otak akan terdoktrin bahwa skripsi memang sulit dan menjadi ketakutan yang berlebihan bahwa skripsi tidak akan terselesaikan dengan sempurna. 

Kenapa hal tersebut terpelihara dalam otak ? Faktanya, hal negatif yang kamu takuti tersebut hanya ada di fikiran  aja dan belum menjadi kenyataan. Justru mindset bahwa “menyusun skripsi itu sulit” akan membuatmu menjadi malas dan menunda-nunda untuk memulai menyusun skripsi. Jadi, mulai dari sekarang, tanamkan di pikiranmu bahwa menulis skripsi itu mudah! Mulailah bergerak dan menyusunnya! 
  
Kebiasaan malas dan suka menunda-nunda

Inilah yang terlintas pada mahasiswa  tingkat akhir “Deadline skripsi masih lama, kalau masih ada hari esok, buat apa dikerjakan sekarang?” Pikiran inilah yang menjadi  hal utama dan merupakan akar penyebab skripsimu tak kunjung selesai. Kebiasaan mahasiswa yang selalu malas dan akhirnya menunda-nunda waktu untuk mengerjakan skripsi akan berdampak buruk pada tugas akhirnya tersebut. Skripsi akan tertunda lagi, dan lagi itulah fakta yang meliputi diri seorang mahasiswa tingkat akhir yang malas. 

Dan sungguh  menyesal apabila kamu bisa melihat semua temanmu bangga memamerkan toga di hari wisuda, sedangkan kamu masih terperangkap pada skripsi yang terus mengintai. Karena hal tersebut, mulailah membuang sifat negatifmu, mulailah menata hidup dan mencatat semua impianmu. Jangan membuang-buang waktu dengan cara minimalkan waktu kosong. Dan lihatlah temanmu yang sudah wisuda terlebih dahulu, apa kamu tak menginginkan hal itu?

Tidak bisa fokus 

Penyebab skrip melambat selanjutnya adalah tidak bisa fokus. “Disambi gak masalah, yang penting skripsi sudah mulai disusun!” Hal ini tidak sepenuhnya benar, bagaimanapun juga dalam mengerjakan segala hal kita harus fokus. Karena fokus adalah kunci terlesesaikannya segala hal tepat waktu, tak terkecuali skripsi. Dengan fokus, semua ide akan bermunculan dan rencana akan selesai sesuai target. 
Banyak hal yang bisa menyebabkan tingkat fokus kamu berkurang, seperti adanya masalah internal. 

Masalah bisa muncul dari keluarga yang menyebabkan kamu depresi dan akhirnya melupakan sejenak mengenai skripsimu. Yang kedua adalah kebiasaan suka “menyambi” atau kebiasaan suka melakukan banyak hal secara  bersamaan. Contohnya adalah seorang yang kerja sambil kuliah, walau tidak sepenuhnya berdampak buruk tetapi terkadang justru membuat mahasiswa lebih mementingkan pekerjaannya di banding skripsi. Fokus adalah hal yang mudah dikatakan, namun tak mudah dilakukan. Tetapkan tujuanmu dan dan mulailah untuk fokus. 

Kecanduan internet

Seiring berjalannya waktu, kini teknologi makin terkembang pesat. Dan sosial media adalah salah satu hal yang tak pernah lepas menarik perhatian kita. Tidak bisa dipungkiri, setiap hari bahkan setiap saat kita selalu berselancar di dunia maya tersebut. Apalagi bagi mahasiswa jurusan IT, seperti komputer, informatika maupun programming yang setiap hari selalu membuka laptop dan menyusuri dunia maya.  Masalah sering mereka alami adalah tidak bisa mengatur diri, mana yang harus diselesaikan dan mana kegiatan yang disukai.

Saat mengerjakan sambil browsing, akhirnya pandangan teralihkan ke sosial media, baik facebook, twitter, instagram maupun path dan masih banyak sosial media lainnya. Untuk itu, berilah batasan terhadap dirimu, kapan waktunya harus menyusun skripsi dan kapan waktunya harus bermain di dunia maya. Semua hal tersebut harus mulai terjadwal sehingga skripsimu dapat selesai tepat watu. 

Kurang motivasi

Menulis skripsi itu berat. Beragam godaan dan cobaan datang silih berganti. Mulai dari malas, ajakan teman, pacar, laptop eror, printer macet, mati listrik, sampai dosen pembimbing yang sudah ditemui dan menyebalkan. Hal inilah yang dapat mengendurkan semangat untuk segera menyelesaikan skripsi. 

Lihatlah temanmu yang sudah lulus dan sukses sebagai motivasi dan mulailah menetapkan tujuan/target yang ingin kamu capai setelah lulus nanti, agar motivasi kamu dalam menyusun skripsi terlecut.  

Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mengevaluasi diri dan menginginkan skripsi cepat selesai. Membaca saja tidak akan membuat skripsimu selesai, mulailah melakukan  solusi-solusi yang bisa kamu coba dan jangan pernah menyerah. Karena orang yang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu.

1 komentar: