Rabu, 02 Desember 2015

3 Tips Mudah & Murah Cari & Pindah Kos


Tahun ajaran baru di perguruan tinggi selalu memberi warna yang berbeda. Warna yang cerah penuh kebahagiaan berkat bergantinya status dari pelajar menjadi mahasiswa baru akan segera terwujud. Dan karena hal itulah, berbagai persiapan harus dilakukan olah calon maba, mulai dari buku, seragam putih hitam hingga hal terpenting adalah tempat kos. 

Tempat kos dan mahasiswa adalah dua hal yang berhubungan erat dan tidak dapat dipisahkan. Apalagi untuk mahasiswa dari luar kota, tempat kos adalah rumah kedua mereka. Semua hal selama merantau akan dilakukan di tempat kos, mulai dari beristirahat, belajar dan lain sebagainya.

Lain lagi dengan mahasiswa “nomaden”, istilah yang tepat diberikan untuk mahasiswa yang gemar berpindah tempat kos. Kenapa bisa begitu? Banyak hal yang bisa jadi penyebabnya, mulai dari tidak betah, ingin cari suasana baru hingga cari tempat kos yang lebih murah. Agar tempat kost yang nantinya kalian tempati terjangkau dan sesuai dengan apa yang kalian harapkan, mari kita simak 3 tips untuk mencari kos murah berikut ini :

Rajin mencari informasi tentang kost-kostan yang terjangkau

Mencari tempat kos bisa dibilang gampang-gampang susah. Walaupun banyak kos yang menawarkan harga terjangkau dan dekat kampus, namun jangan langsung termakan oleh tawaran itu. Kalian juga perlu mencari tahu informasi seputar kos dari berbagai sumber terpercaya. Baik dari iklan di internet maupun menyusuri jalan mencari rumah yang bertulisan “terima kost putra dan putri” atau tulisan lainnya.

Apabila ingin informasi yang lebih akurat, kalian bisa tanyakan pada alumni, penduduk sekitar kampus, senior, atau pada saudara yang sudah terlebih dahulu merantau. Dari informasi tersebut tentunya kalian akan mendapatkan berbagai rekomendari dimana tempat kos yang nyaman dan murah. Pencarian informasi ini sebaiknya dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum kegiatan perkuliahan dilaksanakan sehingga kostan yang kalian dapatkan harganya benar-benar terjangkau. Disamping itu, sumber info lainnya bisa kalian dapatkan dari pedagang sekitar kampus yang kiosnya menetap.


Pertimbangkan jarak kos dengan kampus

Pada umumnya para mahasiswa mencari tempat kos dengan jarak paling dekat dengan kampus karena dirasa dapat membantu penghematan uang saku selama kuliah dan membutuhkan waktu untuk berjalan ke kampus yang relatif lebih singkat. Walaupun memang memiliki efektifitas waktu yang lebih tinggi, kalian juga perlu mempertimbangkan jarak dan biaya sewa kost, karena jarak dekat maka harga pun meningkat. Solusi agar kalian bisa memangkas biaya sewa kos adalah dengan memilih tempat kos dengan jarak yang lebih jauh dari kampus. Tentu jarak tidak akan menjadi masalah jika kalian memiliki kendaraan pribadi, lalu jika tidak mempunyai kendaraan sendiri bagaimana solusinya?

Nahhh.. untuk menanggapi pertanyaan tersebut kita perlu memutar otak kembali. Ide yang paling sederhana adalah “nebeng” atau membonceng temanmu yang berada di tempat kos yang sama. Akan tetapi jika kalian tidak mempunyai teman dekat di tempat kos tersebut, pilihlah tempat kos yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari kampus sehingga masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Dengan hal ini maka prinsip “Harga murah dan pergi ke kampus mudah” tetap dapat terwujud.


Bandingkan Fasilitas Kos yang Satu dengan Yang Lainnya

Seringkali orang bilang “ada harga ada rupa” walaupun tidak sepenuhnya salah namun hal itu bisa dimentahkan apabila kalian mampu membandingkan beberapa rekomendasi kos dengan fasilitas yang diberikan sebagai pertimbangan. Jika kalian menginginkan kos murah, maka pilihlah fasilitas kos yang standard dan tidak berlebihan. Akan tetapi beberapa fasilitas penting seperti air, listrik, MCK, kamar mandi, tempat jemur pakaian dan dapur tetaplah harus tersedia demi memenuhi kebutuhan kalian selama tinggal di kostan. Jadi, kost murah bukan berarti fasilitas “murahan” bukan ?

Agar bisa membandingkan fasilitas yang disediakan tersebut, datangilah banyak tempat kos disekitar kampus. Kalian bisa bertanya pada pemilik kos, warga sekitar tempat kos maupun penghuni kos yang sudah tinggal disitu untuk mengetahui informasi yang lebih akurat dan lengkap. Setelah semua informasi terkumpul, mulailah membandingkan dengan biaya sewanya, apakah fasilitas yang di berikan linear dengan biaya atau tidak. Pilihlah kamar kostan yang benar-benar cocok untuk kalian.

Semoga bermanfaat bagi kalian yang mencari kost murah. Tidak ada hal sulit jika kita berusaha, tidak ada yang tidak mungkin jika kita tetap berupaya.

0 komentar:

Posting Komentar