Rabu, 18 November 2015

Tips Menyesuaikan Diri di Kampus

Sebagai seorang individu, proses beradaptasi dengan lingkungan baru memang merupakan hal yang biasa dan pasti akan terjadi pada setiap orang. Begitu halnya dengan didunia pendidikan, setiap kita memasuki jenjang pendidikan yang baru, pasti secara otomatis akan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Seperti di dunia perkuliahan pastinya sangat berbeda dengan masa sekolah menengah atas.

Walaupun sama-sama di dalam dunia pendidikan pasti beberapa diantara kalian berpikir jika di dunia kampus itu lebih keras, banyak tekanan dari senior dan masih banyak lagi. Namun semuanya itu tidak akan kamu temui dan bahkan itu hanya omong kosong belaka. Kamu akan terhindar dari itu semua jika kamu bisa menyesuaikan dirimu di kampus. Lalu bagaimana sih cara menyesuaikan diri dikampus ?

Disini saya akan menjelaskan beberapa tips menyesuaikan diri  untuk kalian yang baru pertama kali menginjak dunia perkuliahan. Apa saja tipsnya ? Yuk simak sampai selesai...

1. Mencari tahu tentang lingkungan kampus 
Hilangkan presepsi negatif yang sempat kamu dengar tentang kampus yang akan kamu masuki. Mencari tahu tentang informasi yang terpecaya merupakan salah satu bekal yang harus kamu miliki. Bertanya kepada alumni SMA yang sudah terlebih dulu berkuliah atau bertanya kepada para kakak senior yang kamu percaya tentunya, ini akan membantu kamu untuk menyesuaikan diri di kampusmu nanti.

2. Mempersiapkan diri
Persiapkan diri kamu untuk memasuki kampus baru. Mempersiapkan diri seperti apa? Jadi secara fisik kamu harus bisa berpenampilan sesuai dengan kampus baru yang akan kamu masuki. Jika kampus barumu bersifat religius, maka kamu harus bisa memilih kembali baju yang akan kamu kenakan supaya lebih sesuai. Namun jika kampus mu sangat mengedepankan totalitas yang tinggi, kamu pun juga harus dapat menyesuaikannya. 

3. Memulai pembicaraan
Sebagai mahasiswa baru kamu harus rajin mengobrol dengan teman-teman baru mu, jika kamu masih sedikit canggung kamu bisa memulainya dengan menyapa terlebih dahulu. Khususnya dengan para senior, kamu jangan pernah takut untuk memulai menyapa terlebih dahulu. Karena dengan begitu kamu akan menunjukan sikap yang hangat dan terbuka dengan lingkungan yang baru.

4. Open mind 
Jangan pernah malu bertanya. Bantuan para senior biasanya sangat membantu kita dalam membantu menyelesaikan tugas yang diberikan dosen. Jadi jangan pernah malu untuk meminta bantuan dan belajar kepada para senior di lingkungan kampus. Pengalaman dari para senior inilah yang sangat bermanfaat untuk kita.

5. Menghargai aturan kampus
Setiap kita memasuki lingkungan baru, pasti kita akan menemui sebuah peraturan. Entah itu peraturan tertulis atau peraturan tidak tertulis tetapi mengikat, kita wajib menghargainya. Contohnya peraturan yang ada di kampus, mungkin pada awalnya kamu akan merasa canggung dengan peraturan yang sudah dibuat, tapi peraturan inilah yang akan membuat kehidupan di lingkungan kampus akan berjalan dengan teratur. 

Nah…itu adalah beberapa tips menyesuaikan diri di kampus yang bisa saya berikan untuk kamu para mahasiswa baru yang akan menginjak dunia perkuliahan. Jadikanlah mimpi besarmu sebagai penyemangat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar