Rabu, 25 November 2015

Tips Jitu Mendekati Dosen Pembimbing Skripsi

Untuk kalian para mahasiswa tingkat akhir pasti sekarang sedang disibukkan dengan mengerjakan skripsi bukan? Tahukah kalian bahwa kesuksesan skripsi itu tidak hanya dari kemampuan kalian mengerjakan skripsi saja lho.. Namun juga dari keberhasilan hubungan kalian dengan dosen pembimbing skripsi kalian masing masing yang cukup baik. Karena tanpa hal tersebut, kesuksesan skripsimu bisa saja tertunda atau mungkin terganggu.

Sehingga pendekatan terhadap dosen pembimbing dirasa perlu untuk menjalin sebuah komunikasi dan kerjasama yang baik. Dampaknya dapat kalian rasakan sendiri ketika kalian meminta bimbingan terhadapnya seperti nada bicaranya yang lebih bersahabat, lebih sabar ketika ada kesalahan yang kita perbuat, lebih nyaman ketika sesi bimbingan, bahkan beliau mungkin akan membela kalian di ruang sidang. Lalu bagaimana cara pendekatan yang baik dengan dosen pembimbing? Berikut ulasan singkat yang dapat membantu kalian:

1. Berilah Kesan Baik Ketika Bertemu Dengannya
Buatlah kesan yang baik sejak awal bertemu dengan tidak terlambat setiap janjian serta berpakaianlah yang rapi supaya beliau tahu bahwa kalian berniat untuk menemuinya bukan sedang asal ke kampus saja. Mulailah latih kedisiplinan sejak awal sampai akhir bimbingan. Karena skripsi juga penting untuk perkembangan mental kita bukan hanya secara intelektual saja.

Apalagi untuk kalian yang suka ngaret alias molor, segeralah ubah kebiasaan buruk tersebut. Sehingga tidak hanya tidak terlambat, kalian juga dapat menghindari kemungkinan ditinggal karena adanya kepentingan lain serta memiliki waktu untuk mengecek perbaikan yang sudah dikonsultasikan pada pertemuan sebelumnya.

Sedangkan dengan berpenampilan yang rapi, kalian tidak akan menghilangkan moodnya dalam membimbing dan membuatnya senang meskipun tidak adanya aturan tertentu mengenai hal tersebut. Selain itu, dengan berpenampilan yang rapi akan memberikan kesan bahwa kamu menghargai setiap pertemuan dengan beliau. Tidak perlu pakaian yang mewah, yang penting enak dipandang dan sopan. Pastikan pula bahwa tubuhmu sudah wangi dan segar sehingga membuatmu lebih berkonsentrasi mendengar semua koreksi dari beliau.

2. Jalin Komunikasi
Mintalah nomor kontak yang bisa dihubungi untuk menjalin komunikasi diluar jam bimbingan. Untuk membuat janji bimbingan mungkin atau topik lain diluar skripsi yang dapat sedikit menghibur sehingga tidak garing dan kikuk ketika bertemu dengan dosen pembimbing tersebut.

3. Ikuti Aktivitasnya Lewat Akun Sosial Supaya Lebih Akrab
Selama menjadi anak bimbingannya mau tidak mau kalianpun juga harus menyesuaikan diri agar terjalin komunikasi yang baik dan lancar. Tanpa ada maksud yang lain, kalian bisa berbincang bincang dengannya sehingga proses mengerjakan skripsi akan jadi lebih mudah ke depannya. Maka dari itu, dengan mengintip aktivitas akun sosialnya kalian dapat dengan mudah mencari bahan pembicaraan dan dapat membuat kalian lebih akrab dengan sang dosen. Namun perlu diingat, jangan sampai perbincangan tersebut berlebihan dan mengganggu proses bimbingan nantinya.

4. Sering Bertanya dan Jangan Ulangi Kesalahan yang Sama
Ketika sedang dalam sesi bimbingan dengan dosen, banyaklah bertanya mengenai kelengkapan data dan kekurangan yang ada pada skripsi yang telah kalian buat. Jika sudah ada beberapa hal yang telah dikoreksi oleh beliau, segeralah pebaiki dan jangan mengulang kesalahan yang sama. Karena dosen bisa saja naik emosinya jika kalian terus menerus mengulangi kesalahan yang sama di setiap pertemuan sehingga tidak ada kemajuan apapun mengenai skripsi kalian.

Catatlah hal yang penting supaya tidak ada koreksi yang terlewatkan oleh kalian. Kesibukan sang dosen terkadang dapat membuatnya jadi tidak sabar dan mudah marah. Untuk itu, usahakan jangan membuat kesalahan sekecil apapun. Tunjukkanlah usaha maksimal kalian, karena dosen juga dapat mengetahui apakah kalian sungguh sungguh atau hanya asal asalan. Dosenpun juga akan bersimpati pada kalian yang serius dalam mengerjakan skripsi tersebut.

5. Sesekali Tanya Mengenai Kehidupannya
Untuk sesekali tanyalah mengenai kehidupannya. Setidaknya dengan menanyakan kabarnya atau kabar keluarganya. Hal tersebut dapat membuat dosen merasa lebih dihargai.

Bertanyalah hal hal yang ringan saja dan tidak berlebihan. Hal tersebut dapat membuat kalian lebih dekat. Mungkin pada awalnya akan terasa canggung dan masih kaku namun lama kelamaan pasti juga akan terasa nyaman.

6. Selesaikan dengan Cepat dan Tepat
Selesaikanlah skripsi yang kalian buat dengan cepat dan tepat. Sehingga kalian akan memiliki waktu lebih banyak untuk berdiskusi mengenai kekurangan skripsimu dengan dosen pembimbing. Lebih baik lagi jika penulisan data dan teknis yang kalian buat telah tepat karena itu dapat membuat nilai tambah dalam diri kalian di mata dosen.

Nah, itulah tips pendekatan terhadap dosen pembimbing yang yang bisa kalian coba agar hubungan yang kalian jalin dengan dosen lebih baik sehingga skripsi kalian saat sidang nanti sukses dan lancar. Masih lagi sih sebenarnya, namun dengan 6 poin itu saja juga sudah cukup kok. Dosen pembimbing jugalah seorang manusia yang memiliki perasaan dan kesibukan. Ia pasti akan senang jika ia dihargai dan juga diperhatikan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar