Rabu, 11 November 2015

Tips Atasi Ngantuk Ketika Jam Kuliah

Ngantuk memang hal yang paling sulit dihindari,memang sebagian orang merasa senang jika rasa kantuk mulai melanda. Berarti  tubuh yang sudah sangat lelah membutuhkan istirahat. Namun jika rasa ngantuk ini datang disaat jam-jam kuliah sangat disayangkan dan justru akan membawa masalah, mulai dari ketinggalan materi sampai dimarahi dosen. Tapi jika rasa ngantuk ini dilawan dan tetap menyimak materi sepertinya akan percuma karena otak akan sulit memprosesnya.

Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk melawan ngantuk saat jam kuliah. Apa saja sih tips-tipsnya ? ini dia beberapa tips yang bisa dicoba untuk melawan rasa ngantuk dijam kuliah

1. Sarapan Pagi 
Sarapan pagi menjadi suatu hal yang harus dilakukan setiap hari, karena sarapan pagi dapat memenuhi asupan energi yang akan kita butuhkan pada saat beraktifitas. Tapi juga jangan berlebihan ya guys..! Karena jika kita terlalu kenyang hal ini justru tambah menimbulkan rasa ngantuk.

2. Minum air putih 
Kita harus cukup mengonsumsi air putih karena otak kita pada saat bekerja juga memerlukan asupan oksigen (O2). Jika asupan oksigen ini tercukupi secara tidak langsung rasa ngantuk tidak akan mudah datang.

3. Mahasiswa yang aktif 
Ketika dosen menerangkan sebuah materi, jadilah mahasiswa yang aktif. Kamu jangan pernah ragu untuk bertanya kepada dosen jika kamu belum mengerti tentang materi yang dijelaskan. Aktivitas ini akan tidak akan membuat kamu ngantuk saat jam kuliah berlangsung.

4. Motivasi Diri
Sebagai anak kuliah, kita karus mempunyai motivasi kenapa sih kita harus kuliah, apa sih tujuan kita kuliah. Kalau kamu sudah mempunyai motivasi yang begitu kuat. Semangat kamu dalam mengikuti setiap mata kuliah akan muncul dan terhindar dari rasa ngantuk.

5. Dicubit 
Yaa dicubit memang menimbulkan rasa sakit, karena sakit inilah mata kamu akan terbelalak dan pastinya melek. Coba deh kamu minta bantuan teman untuk mencubit kamu. Tapi jangan keseringan ya nanti bukannya rasa ngantuk hilang malah biru lebam yang muncul akibat bekas cubitan hehe 

6. Cuci Muka
Apapila dicubitpun belum mengusir rasa ngantuk kamu, maka minta ijinlah kepada dosen  pergi ke kamar mandi untuk cuci muka. Niscaya ini akan membuat kita kembali segar dan semangat mengikuti mata kuliah yang sedang berlangsung.

7. Jangan Begadang !!!
ini  dia tips terakhir untuk kamu para mahasiswa, apabila kamu tidak ingin merasa ngantuk saat jam kuliah dimulai tidurlah yang cukup. Jangan begadang terlalu malam untuk hal-hal yang tidak penting seperti nonton televisi, browsing di internet atau yang lainnya. Karena ini sangat mengganggu proses istirahat kamu dimalam hari lho guys.

Oke guys, itu dia beberapa tips yang saya berikan untuk kamu para mahasiswa yang sering mengalami ngantuk saat jam kuliah dimualai. Ingat ya guys tidak semua orang bisa mudah seperti kamu merasakan indahnya kuliah karena keterbatasan ekonomi, kan sayang kalau semua menjadi sia-sia karena rasa ngantuk.

0 komentar:

Posting Komentar