Sabtu, 21 November 2015

Mengatasi Sindrom Malas Kuliah dan Belajar

Malas adalah suatu kekuatan dashyat pada orang-orang yang berkekuatan lemah dan sering melakukan hal malas tersebut untuk kesenangan pribadi atau semata. Seperti halnya di kampus, terkadang kamu merasa malas menyerang sehingga membuat kamu ingin cabut atau tidak mengikuti kegiatan kampus atau pembelajarannya karena banyak faktor entah itu mood buruk, ada acara mendadak tetapi dengan acara yang tidak bermutu atau hanya menghabiskan waktu, atau ajakan teman untuk nongkrong ataupun bermain game atau shopping dengan menghabiskan uang. Padahal, waktu yang kamu punya lebih bermanfaat untuk menyelesaikan tugas-tugas dan mempercepat pengerjaan untuk ke jenjang wisuda dan bekerja. Lebih baik bukan? 


Jadi kami akan memberikan tips bagaimana mengatasi sindrom malas kuliah dan belajar sehingga kamu bisa semangat dan cepat-cepat wisuda dan mencari pekerjaan untuk mencukupi kebutuhan hidup kamu. Inilah tipsnya:

1. Lawan rasa malas
Jika di pagi hari kamu masih malas untuk bangun dan berangkat kuliah dan memilih untuk melanjutkan tidur, tepis dan lawan rasa malas tersebut dan bangkitlah dari kasur kamu, dan segerelah untuk mempersiapkan berangkat ke kampus dan kuliah. Apalagi, hilangkan waktu-waktu yang tidak penting yang menghambat kegiataan kampus kamu.

2. Targetkan waktu kamu untuk tugas
Setiap waktu yang kamu punya harus kamu targetkan untuk ke hal yang lebih bermanfaat sehingga membuahkan hasil, misalkan kamu ingin kuliah dan targetkan kapan kamu ingin wisuda apakah dengan waktu yang jangka cepat atau lama, bahkan untuk mengerjakan tugas atau skripsi targetkan agar kamu bisa menyelesaikan dengan cepat dan hasil yang memuaskan.

3. Mencari wawasan dengan pergaulan
Mencari wawasan untuk penelitian skripsi kamu memang sangat dibutuhkan tetapi apakah mencari wawasan hanya pada buku saja? Tidak, ada cara lain selain membaca buku. kamu bisa berinteraksi, sharing, dan bertanya kepada teman atau orang yang lebih tua yang lebih paham tentang bidang kamu sehingga kamu bisa menambahkan point-point tertentu pada skripsi kamu sehingga skripsi tersebut mendapatkan hasil yang memuaskan dengan waktu yang cepat.

4. Lebih banyak beristirahat di waktu luang
Benar terkadang kamu membutuhkan istirahat pula karena yang berlebihan itu tidak baik pula, sehingga sempatkan waktu kamu untuk istirahat cukup dan kurangi waktu begadang karena, itu akan menghambat waktu kamu sehingga mudah lelah.

5. Berganti tempat saat belajar
Terkadang suasana mengacu pada mood kamu untuk belajar, jadi jikalau kamu merasa bosan berganti tempat kamu untuk belajar atau mengerjakan tugas kamu dan seringlah mencari tempat yang segar dengan penerangan yang cukup sehingga membuat kamu nyaman.

6. Ubahlah kebiasaan belajar
Kebiasaan kamu terkadang membuat bosan seperti biasanya kamu hanya belajar atau mengerjakan tugas hanya dengan cara membaca tetapi seringlah buat catatan kecil sehingga kamu mudah untuk menghafalkan, apalagi sediakan teh atau kopi dan musik sebagai penyemangat kamu untuk belajar dengan giat.

Itulah tips yang bisa kami berikan untuk kamu, semoga bermanfaat dan membuahkan hasil kamu untuk menjadi lebih bersemangat kuliah dan menyelesaikan tugas maupun menambah wawasan sebanyak-banyaknya dengan cepat.

1 komentar: