Rabu, 07 Oktober 2015

Tips Untuk Mahasiswa Agar Selalu Semangat


Seorang mahasiswa yang sedang giat giatnya mencari ilmu dikampus tentunya akan membutuhkan motivasi untuk mendorong dirinya agar tetap semangat dan bergairah pada tugas atau pekerjaan yang sedang dikerjakannya. Karena kita sebagai seorang manusia biasa pasti akan mengalami yang namanya rasa bosan, malas, dan lelah yang disebabkan tugas kuliah yang menumpuk beserta pekerjaan rumah atau pekerjaan kost yang tidak bisa menunggu. 

Jika sudah tidak ada semangat maka semua pekerjaan tidak akan dapat terselesaikan. Dan dampaknya juga akan sangat mempengaruhi kita pada keesokan harinya. Itulah mengapa seorang mahasiswa seperti kita membutuhkan motivasi dan dorongan baik dari diri kita sendiri ataupun dari orang lain juga.

Lalu bagaimana cara untuk memotivasi diri sendiri? Berikut beberapa yang dapat kamu coba :


  • Mengubah Cara Pandang

    Tahap awal yang dapat kita lakukan adalah mengubah cara pandang kita. Ubahlah cara pandang kita yang mengatakan bahwa ilmu tidak penting, tidak tertarik pada mata kuliah tersebut atau tidak bisa mengerjakannya menjadi sebaliknya yaitu bahwa ilmu itu sangat penting untuk masa depan kita, mata kuliah yang menarik.
    Dan kita pasti bisa mengerjakan apapun tugas yang diberikan dengan hasil yang memuaskan. Karena itulah pondasi awal kita untuk membuat semangat kita berkobar kembali. Ubahlah cara pandang yang negatif dengan yang positif dan rasakan berbedaan yang akan kita dapatkan nantinya.

  • Kuasai Salah Satu Bidang Saja

    Dalam kehidupan yang nyata, tidak akan ada namanya orang yang benar benar menguasai semua bidang walau sejenius apapun orang tersebut apalagi untuk seorang mahasiswa. Setiap orang pasti memiliki suatu keahlian yang berbeda beda sesuai dengan bakat dan minatnya masing masing. 
    Maka dari itu, fokuslah pada bidang yang menjadi kegemaranmu atau yang paling kamu sukai dan berusahalah dengan sungguh sungguh untuk mempelajarinya lebih lanjut agar kamu lebih unggul pada bidang tersebut. Namun yang perlu diingat, meskipun kita fokus pada suatu hal kita juga jangan sampai mengabaikan hal hal lainnya. Jadikan lah hal yang kurang menarik buatmu untuk membantumu lebih toleran dan menjadi pendukung untuk jalur karirmu di masa depan nanti.

  • Jangan Takut Bersaing

    Didalam sebuah kelas pasti akan ada yang namanya persaingan. Apalagi untuk kita yang sudah mahasiswa. Untuk itu, janganlah takut untuk bersaing dengan mareka. Jadikanlah kompetitormu sebagai tolak ukur bagi dirimu sendiri supaya lebih termotivasi dan bersemangat. Buatlah prestasi yang gemilang yang pastinya akan mengubahmu menjadi mahasiswa yang lebih rajin. 
    Meskipun demikian, tetap jagalah pertemanan dan persaudaraan dengan teman teman sesama mahasiswamu walaupun mereka menjadi salah satu kompetitormu. Jika kamu merasa ada teman mahasiswa yang menginspirasimu dan dapat diajak untuk bekerja sama, kamu dapat dekat dengannya dan saling membantu untuk menyelesaikan tugas tugas mata kuliahmu yang cukup sulit. Bersainglah dengan sehat dan adil supaya tidak menjadi beban untuk dirimu sendiri.

  • Hadiah Sebagai Motivasi

    Jika suatu saat ada sebuah proyek ilmiah besar yang memberikanmu masalah dan kamu sama sekali tidak ada semangat untuk mengerjakannya, maka kamu perlu membuat rencana untuk membagi seluruh prosesnya menjadi beberapa step step kecil. 
    Pada setiap langkah tadi jadikanlah menjadi sebuah target dimana target tersebut otomatis akan mengatur tenggang waktu untuk setiap stepnya dan hadiahi dirimu sendiri dengan perlakuan kecil seperti istirahat sejenak setelah mencapai setiap target misalnya. Ketika kamu terfokus pada hadiah yang akan kamu dapatkan, maka kamu juga akan termotivasi untuk segera menyelesaikan  proyek tersebut dengan melakukan segala cara yang benar yang dapat kamu lakukan.

  • Dapatkan Dukungan Untuk Mendapatkan Motivasi

    Maksudnya, ketika kamu sudah tidak mendapat dukungan dari orang lain seperti keluarga, teman, atau kekasihmu jangan buat hal tersebut mengganggumu. Tidak adanya dukungan bukan berarti mereka tidak peduli dan tidak ada untukmu. 
    Cobalah cari solusi lainnya seperti bergabung dengan sebuah forum atau organisasi dan dapatkan motivasi yang kamu butuhkan di sana.
Nah, kira kira itulah beberapa tips yang dapat kalian terapkan agar selalu semangat untuk terwujudnya masa depan cerah yang telah menanti di depan kalian. Dongkrak diri kalian dan jadilah mahasiswa yang sukses suatu saat nanti.

0 komentar:

Posting Komentar