Rabu, 21 Oktober 2015

Tipe Unik Mahasiswa yang Bakal Kalian Temui di Kampus

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa akan selalu menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan. Karena disaat saat itulah kita akan benar benar merasakan manis pahitnya kehidupan sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kalian akan menghadapi tantangan yang cukup sulit dan berbagai peluang tak terduga yang luar biasa. Kalian juga akan menemui banyak mahasiswa lain dan dosen dengan latar belakang serta karakteristik yang berbeda.

Seiring berjalannnya waktu kalianpun pasti akan mulai mengenal dan saling memahami karakteristik teman sesama mahasiswamu. Yang terkadang cukup unik untuk dipahami dan diperhatikan. Namun kalian mungkin dapat mencoba untuk mengelompokkannya menjadi beberapa tipe seperti berikut:

1. Tipe Mahasiswa Setengah Dosen
Tipe mahasiswa seperti ini adalah mahasiswa yang memiliki kepintaran yang luar biasa dan terkadang dapat melebihi kepintaran dari dosen yang mengajarnya. Nilai yang ia dapat selalu A dan IPK-nya bisa jadi di atas 3. Sehingga sering kali mahasiswa tipe ini diajak untuk riset bersama atau dijadikan sebagai asisten dosen yang dapat mengajar di kelas menggantikan dosen yang kebetulan tidak dapat mengajar. Tidak hanya teman sekelasnya saja namun dia juga mampu untuk mengajar kakak kelasnya. Hebat bukan? Wajib untuk di contoh dan menjadi motivasi nih..

2. Tipe Aktivis
Mahasiswa pada tipe ini sering kali bergerak dengan progresif, kritis, dan ideologis. Mahasiswa ini rajin berdemontrasi demi membela rakyat karena mereka siap melawan kapitalisme dan neoliberalisme global yang ada di Indonesia. Kalian pasti akan mudah menemuinya di lokasi lokasi unjuk rasa yang strategis dengan spanduk dan toa dibawah teriknya matahari. 

Biasanya aksi ini dilatar belakangi dari permasalahan umum seperti naik turunnya harga BBM, tindak kekerasan, korupsi, hukum yang tidak sesuai dan juga permasalahan pemerintahan lainnya. Biasanya mahasiswa pada tipe ini akan cukup sulit di jumpai di kampus. Karena mereka lebih disibukkan dengan berbagai macam agenda kajian rutin atau sibuk melakukan konsolidasi bersama teman temannya untuk menghancurkan dominasi negara neoliberal dan juga korporasi swasta kapitalistik asing yang serakah.

Mereka akan berada di kampus jika ada keperluan saja seperti mengumpulkan tugas atau ujian lalu dengan sekejap menghilang lagi entah kemana. Namun kita doakan saja ya teman teman agar mereka dapat berhasil dengan misinya dan dapat membangun negara sesuai dengan cita cita bangsa kita yang sebenarnya. Semangat!

3. Tipe Pengusaha
Mahasiswa dengan tipe pengusaha akan sangat antusias untuk berwirausaha. Mereka akan rajin mencari kerja paruh waktu untuk mengisi waktu luangnya atau mungkin usaha kecil kecilan seperti menjual barang barang kecil yang akan mereka tawarkan pada mahasiswa lainnya atau dosennya. Meskipun uang yang dihasilkan tidak begitu banyak, mereka tidak akan terlalu memikirkannya karena yang penting sudah mendapat kenalan dan pengalaman yang baru. 

Mahasiswa tipe ini biasanya akan cukup berlawanan dengan mahasiswa aktivis. Karena dibanding menghabiskan waktu berdemonstrasi mereka lebih memilih untuk berkonstribusi pada bangsa dengan mengelola dirinya sendiri dan orang orang sekitarnya. Para mahasiswa dengan tipe seperti ini sebisa mungkin hidup dengan nengurus, merawat, dan menghidupi dirinya sendiri tanpa bergantung pada orang tuanya. 

Mereka akan berusaha untuk hidup mandiri dengan usahanya sendiri. Dengan begitu kelak ketika mereka telah sukses, mereka akan mendorong serta menarik teman temannya untuk mengikuti jejaknya dan membantu orang orang disekitarnya karena mereka juga mngetahui bagaimana sulitnya bertahan hidup. Mulia bukan harapan mereka?

4. Tipe Pendakwah
Karena tindak kekerasan dan kezaliman yang sering dipertontonkan serta dianggap lumrah, sedangkan kebaikan malah justru dicerca dan juga diabaikanlah yang membuat mahasiswa prihatin sehingga membuat mereka memilih dakwah sebagai jalan hidupnya. 

Dengan menggabungkan spiritualitas beragamanya dan intelektualnya sebagai mahasiswalah mereka berdakwah demi mengajarkan ilmu agama supaya keprihatinan yang selama ini mereka rasakan dapat berkurang dan memberikan dampak yang baik bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, dukunglah tujuannya yang mulia ini ya teman teman jika kalian bertemu dengannnya..

5. Tipe Ga Niat Kuliah
Terkadang kalian menjumpai absen yang tertera namanya namun tidak diketahui keberadaan orang tersebut bukan? Nah, itulah salah satu ciri dari tipe mahasiswa yang ga niat kuliah ini, cuma nitip absen doang. Mahasiswa tipe ini tidak akan sering kalian lihat kehadirannya di kampus. Karena biasanya mereka akan melakukan Aktivitas MTM (Makan Tidur Main) saja untuk mengisi hari harinya. 

Kalau mahasiswa tipe aktivis tidak terlihat di kampus karena disibukkan dengan urusan kajian dan lainnya yang bermanfaat, mahasiswa tipe ini sering tidak terlihat di kampus karena sedang asyik pergi jalan jalan atau jeng jeng bersama teman teman lainnya. Jika masuk kuliahpun mereka juga tidak akan betah berlama lama di kampus. Tujuan hidupnya tidak jelas dan tidak begitu memikirkan masalah kuliahnya. Untuk tipe yang satu ini jangan ditiru ya teman teman. Karena jika semua mahasiswa seperti itu, lalu mau di bawa kemana masa depan bangsa ini?

Nah, kira kira itulah beberapa tipe unik mahasiswa yang bakal kalian temui di kampus. Kalian termasuk tipe yang mana hayo??? Semoga kita termasuk dalam mahasiswa yang baik dan dapat diandalkan oleh bangsa ini ya teman teman. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membangun masa depan bangsa yang lebih maju, sejahtera, dan disegani oleh bangsa dan negara lainnya? 

Tetap semangat dan berprestasi untuk kepentingan bangsa, karir, dan dirimu sendiri tentunya. Gunakanlah waktumu untuk malakukan hal hal yang positif dan berguna bukan hanya untuk dirimu sendiri namun juga untuk orang lain dan lingkungan disekitarmu. Pantang menyerah dan terus berusaha ya teman teman..

0 komentar:

Posting Komentar