Sabtu, 31 Oktober 2015

5 Aplikasi Penunjang Produktivitas Mahasiswa

Waktu luang disela rutinitas kuliah seringkali terbuang sia-sia karena produktifitas yang rendah dan justru berleha-leha atau mengerjakan pekerjaan dengan performa yang rendah. Setiap waktu yang bergulir adalah titik-titik pencapaian mereka dalam mencapai kesuksesan di bangku perguruan tinggi. Jika titik tersebut tidak dicapai secara maksimal maka penyesalanlah yang justru akan kalian alami.

Karena hal tersebut maka kami akan bagikan 5 aplikasi penunjang produktivitas mahasiswa berikut ini:

1. Evernote

Hal yang terpenting namun justru banyak ditinggalkan oleh para mahasiswa adalah rasa malasnya untuk mencatat. Mungkin rasa malasnya tersebut beralasan karena dalam rutinitas kuliah yang padat, mereka juga perlu membawa tumpukan buku catatan yang memberatkan pundak. Dan jika hanya mengandalkan memori otak saja tentu tidak akan mampu menampung semua materi yang diberikan oleh dosen.

Namun yang perlu diketahui oleh para mahasiswa bahwa saat ini terdapat sebuah aplikasi penunjang produktivitas mahasiswa dalam hal catat-mencatat. Dan di era digital ini muncullah sebuah aplikasi note baru yang sangat fleksibel dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Namanya adalah evernote, dengan fitur andalan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menyimpan suara (recording).

Jadi kalian tak perlu capek-capek mencatat, karena dengan aplikasi ini semua akan terekam sempurna. Fitur lainnya adalah kalian dapat menyertakan attachment seperti gambar, pdf, video, lokasi dan masih banyak lagi. Evernote juga bisa diakses menggunakan berbagai platform, termasuk dekstop. Selain itu, aplikasi ini juga sangat berguna untuk men-share catatan ke teman-teman kalian lainnya. 

2. Pocket

Read-it-Later atau saat ini dikenal dengan sebutan Pocket merupakan aplikasi yang memiliki fungsi bookmarking. Aplikasi ini sangat berguna apabila kita sedang browsing di internet dan menemukan materi, artikel, panduan atau apapun yang menarik yang ingin kita simpan sebagai bahan bacaan atau referensi. Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah dan dapat terintegrasikan ke browser kita dalam bentuk plugin atau extension.

3. Studious

Masalah yang sering dialami oleh setiap mahasiswa di seluruh duniia adalah mengefektifkan waktu yang ada. Karena fakta yang saat ini mereka alami adalah kegemarannya dalam menunda-nunda waktu dan lebih memprioritaskan hangout bersama teman dibandingkan dengan mengerjakan tugas atau belajar untuk ujian mereka.


Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian dapat memanfaatkan aplikasi penjadwal waktu yang satu ini. Namanya adalah studious. Salah satu kegunaan aplikasi ini adalah membantu mengingat jadwal pelajaran, dengan fitur alarm yang bisa kita atur mengenai pemberian notifikasinya. Jadi kalian tidak khawatir akan lupa dengan jadwal yang telah kalin susun dengan rapi. 

4. Foxit PDF

Tugas yang menumpuk mengharuskan mahasiswa untuk mencari referensi dari berbagai sumber. Mulai dari website hingga PDF atau e-book. Untuk mempermudah dalam mempelajari setiap PDF atau e-book tentunya diperlukan sebuah aplikasi penunjang efektifitas mereka. Aplikasi yang dimaksud tersebut adalah Foxit PDF. Software PDF yang dapat dinikmati secara gratis ini dapat digunakan untuk melihat / membuka dokumen PDF, ukurannya kecil namun dapat membuka dokumen PDF dengan cepat.


Kelebihan lain yang ditawarkan aplikasi ini adalah selalu mengedepankan keamanan dan privasi pengguna dan hal ini yang membuat program ini tidak pernah menghubungkan ke internet tanpa izin dari pengguna, tidak seperti pada PDF reader lain sering terhubung ke internet tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Dengan aplikasi ini kita dapat mengedit file PDF beberapa diantaranya yaitu menambah gambar, ganti link, menambah penjelasan pada file PDF dan menyorot teks.

5. Office Mobile for Office 365

Apapun bidang kuliah kalian, pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint bukan?


Program-program itu merupakan bagian dari Office Mobile for Office 365 yang dapat kalian akses dengan mudah melalui gadget android kamu. Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini adalah kalian tidak perlu membawa laptop hanya untuk membaca atau mengedit file office kalian, karena aplikasi ini dapat mudah digunakan kapan saja dan dimana saja. 

Itulah sebagian kecil aplikasi yang dapat menunjang produktifitasmu dalam menggapai sukses di perguruan tinggi. Namun yang perlu kalian perhatikan bahwa jangan hanya memajang aplikasi tersebut dalam gadget androidmu, karena itu sama saja tidak akan memberikan dampak positif apapun. Pergunakanlah seefektif mungkin maka sukses di perguruan tinggi bukan khayalan lagi. Semangat!!

0 komentar:

Posting Komentar