Senin, 07 September 2015

7 Tips Menarik Menjadi Mahasiswa Baru

Lingkungan baru, teman baru, sistem pembelajaran yang baru mungkin saja dapat membuat kesulitan dalam menjalani kuliah perdana kamu. Sebagai mahasiswa baru kita harus melakukan hal-hal baru yang akan membuat masa kuliah tidak terasa sia-sia. Ini dia 7 tips menarik menjadi mahasiswa baru yang wajib kita tahu :

1. Rumuskan Cita-Cita Kamu
Apa tujuanmu kuliah? Hanya coba-coba saja, ikut-ikut teman atau memang keinginanmu sejak awal? Merumuskan cita-cita adalah hal yang terpenting sebagai jalan bagaimana kamu nanti akan menempuh kuliah. Dari merumuskan cita-cita kita akan membuat berbagai perencanaan, menciptakan prinsip-prinsip apa yang harus kita patuhi selama kuliah.
Karena cita-cita adalah pondasi untuk mencapai apa yang kamu harapkan dan merupakan titik awal menentukan masa depan kuliah. Awal kuliah kita akan kesulitan memilih program studi apa yang akan kita pilih, tentunya harus berdasar minat dan bakat kita, jangan asal-asalan karena itu adalah langkah awal menggapai karir. Tapi apabila kamu sudah cocok dengan program studi pilihanmu, pikirkan kembali mau dibawa kemana karir kamu ke depannya, akan bekerja apa atau membuka usaha apa. Maka dari itu, rumuskan kembali cita-cita kamu sejak awal.

2. Targetkan IP Kamu Sejak Awal
Sebagai mahasiswa baru, mungkin kamu belum mengenal yang namanya IP. IP adalah singkatan dari indeks prestasi, hasil akademik kamu selama satu semester. Ada juga yang mengenalnya dengan  istilah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang merupakan gabungan Indeks prestasi setiap semester. Menargetkan indeks prestasi sejak awal diperlukan agar kita dapat menggapai cita-cita yang telah kita rumuskan dan menjadi mahasiswa berprestasi.
Apabila kamu ingin melanjutkan ke program S2 maka pastikan indeks prestasi mu tinggi. Tetapi apabila tak ingin melanjutkan ke S2 dan lebih suka berorganisasi maka indeks prestasi secukupnya saja tak masalah. Dengan menargetkan indeks prestasi, kita akan bisa menentukan bagaimana cara belajar karena target indeks prestasi mempengaruhi proses belajar.

3. Temukan Cara Belajar Yang Paling Ideal
Sudah merumuskan cita-cita dan menargetkan indeks prestasi maka tanpa cara belajar yang baik semua hanya angan semata. Diperlukan keseimbangan antara harapan, usaha dan doa agar berjalan secara berkesinambungan. Cara belajar yang ideal merupakan kunci kesuksesan buat kamu di dunia kampus.
Kamu bisa belajar di malam hari atau saat bangun tidur di pagi hari tergantung mana yang kamu pilih sebagai cara belajar efektif bagi dirimu. Tetapi jangan coba-coba sistem kebut semalam itu karena itu akan membuat kamu keteteran dalam menghadapi ujian dan hasilnya pun tak sesuai harapan. Lebih baik belajar secara rutin tiap harinya, tak perlu lama asalkan efektif dan benar-benar fokus belajar.

4. Kurangi Kebiasaan Begadang dan bersenang-senanglah sesekali
Begadang adalah kebiasaan tidur yang tidak baik. Sebagai seorang yang sudah tumbuh dewasa, tidur cukup itu penting yaitu sekitar 8 jam. Karena tidur yang tidak cukup akan membuat kamu tidak fokus belajar dan sulit mencerna apa yang kamu pelajari serta akan mengganggu kesehatan dan cepat stress. Begadang di malam hari dan tertidur di tempat kuliah itu hal sangat sangat tidak diinginkan. Apa gunanya lelah kuliah tapi malah tidur selama pelajaran?
Tugas-tugas kuliah sebaiknya jangan dikerjakan selama satu waktu, tetapi kerjakanlah secara bertahap dan rutin tiap hari. Seperti pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Sebaiknya kurangi waktu begadang kamu, mempersingkat waktu makan, mandi, kurangi waktu main game, main Facebook, dan jalan jalan. Pergunakan waktumu sebaik mungkin. Jika badan sudah mulai lemas maka olahraga. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan lari pagi maka kamu akan merasakan kebugaran tubuh. Dan jangan terlalu memperbanyak waktu untuk belajar, sesekali ajaklah teman atau keluarga untuk keluar atau bersantai sejenak untuk menjernihkan pikiran agar tidak stress.

5. Jangan Cepat Menyerah dan Putus Asa
Masalah akan hadir setiap waktu dan datang secara tak terduga. Untuk itu kita harus mempunyai mental yang kuat agar tidak mudah menyerah dan kemudian mempengaruhi kuliah. Tetap tenang, pahami apa masalahnya, apa sebabnya dan tentukan bagaimana penyelesaiannya. Dengan berbagai masalah akan membuat kamu selalu belajar, berkembang dan tumbuh dewasa.
Jika kamu gagal maka kamu harus terus belajar karena orang sukses itu tidak mencapai apa yang diinginkan dengan mudah, tetapi mereka belajar dari masalah dan terus menyelesaikannya. Guru yang terbaik adalah dirimu sendiri, jangan mengatur orang lain, atur dirimu sendiri terlebih dahulu agar bisa menjadi panutan orang lain. Setiap permasalahan pasti ada penyelesaian, maka tumbuhlah dewasa sebagai pribadi yang memiliki mental baja.

6. Pandai Memilih Teman Baru
Tentunya kehidupan perkuliahan kamu tidak akan sendirian, pastinya kamu membutuhkan teman. Memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. Apakah kamu akan tumbuh menjadi mahasiswa yang lebih baik atau bahkan sebaliknya. Pandailah memilih teman yang baik, berkualitas dan bisa mendukung perkembangan kuliah kamu.
Jangan berharap kamu akan sukses di kampus kalau lingkungan persahabatan sempit. Oleh karena itu, coba memperluas relasi persahabatan karena teman adalah sumber ilmu dan informasi. Mereka akan membantu dirimu menyelesaikan tugas dan bisa membuat kamu menemukan hal-hal baru yang belum kamu pahami. Bisa menjadi teman diskusi dan beradu argumentasi. Sekali lagi jangan salah memilih teman karena sedikit banyak teman akan sangat mempengaruhi pribadi dirimu dan bagaimana masa depanmu.

7. Jangan Gegabah Mengikuti Organisasi
Dunia perkuliahan tak hanya tentang karangan ilmiah dan tugas-tugas lainnya. Kita juga harus terus mengasah softskill kita. Salah satunya adalah kemampuan berorganisasi. Organisasi sangat penting agar kita bisa belajar berkomunikasi dengan orang lain dan menghargai orang lain. Dari organisasi pula kamu bisa menyuarakan berbagai pendapatmu.
Di kampus, begitu banyak organisasi bermacam jenis yang kamu dapat temukan. Untuk itu kita harus mempertimbangkan dahulu sebelum memutuskan untuk ikut bergabung. Jangan gegabah dan kembalilah ke tujuan awal. Pilihlah organisasi yang sesuai minat dan bakatmu serta tentunya tidak mengganggu waktu belajarmu.

0 komentar:

Posting Komentar