Jumat, 21 Agustus 2015

Fakta Penting Seputar Kos-Kosan

Tempat kos merupakan tempat tinggal sementara yang digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya agar lebih dekat dengan tempat kerja atau universitas. Tempat kos atau yang lebih familiar disebut dengan kos-kosan ini memang lebih identik dengan mahasiswa, meskipun tidak semuanya mahasiswa. Walaupun hanya kos-kosan tapi mau tidak mau kita tetap harus membuat diri kita merasa nyaman berada di kos. Nah, untuk itu kalian yang sedang berencana untuk tinggal di kos-kosan wajib nih tahu beberapa fakta penting seputar kos-kosan berikut:


1.Serba antri
Saat kalian sudah menjadi anak kos nanti, kalian pasti akan merasakan yang namanya serba antri. Misalnya aja kamar mandi. Kalian harus bersiap siap bangun pagi jika tidak ingin terlambat. Karena kalau udah kesiangan dikit, ya tinggal terima nasib aja mengantri panjang. Selain kamar mandi, kalian juga harus antri untuk mencuci, menjemur, dan menyetrika baju. Jadi buat kalian yang dapat tempat kos dengan fasilitas kamar mandi pribadi bersyukurlah, karena kalian termasuk orang yang beruntung. Dan yang tidak ya tetap disyukuri aja, ambil hal positifnya bahwa kalian telah mengembangkan budaya antri dan menumbuhkan sifat menghargai orang lain.

2.Tradisi saling pinjam meminjam
Ini nih yang bakal sering banget kalian temui. Apalagi kalau kalian masih orang baru dan membawa semua yang dibutuhkan lengkap. Tunggu aja, pasti ada tetangga sesama anak kos yang mampir cuma sekedar pinjam barang atau mengembalikan barang kalian. Dan semakin kalian dekat dengan mereka maka akan semakin banyak barang yang akan dipinjam. Bukannya mau mengajarkan yang tidak baik, hanya saja jika kalian mulai terganggu dengan hal tersebut, taruhlah barang barang tersebut ditempat tersembunyi yang hanya Tuhan dan kalian aja yang tahu.

3.Kehilangan barang
Cepat atau lambat saat kalian tinggal di kos – kosan, kalian pasti akan mengalami yang namanya kehilangan barang. Barang yang hilangpun juga terkadang barang yang tidak terduga. Misalnya aja barang pribadi seperti pakaian dalam, sandal, baju, dan perlengkapan mandi. Maka dari itu, untuk mencegahnya kalian bisa menerapkan beberapa hal berikut:
  • Setelah mencuci baju, tiriskan dulu sampai airnya sudah tidak banyak yang menetes. Lalu jemur didalam kamar kos. Gunakan pelembut pakaian yang bisa mengeringkan baju meski tidak terkena cahaya matahari seperti yang di iklan televisi.
  • Jika ingin menjemur pakaian diluar, usahakan jangan sampai tercampur dengan jemuran milik orang lain dan seringlah memeriksanya. (terapkan saat hari libur)
  • Setelah mandi,  bawalah perlengkapan mandi kalian dan jangan sampai ada yang tertinggal. Karena kalau udah tertinggal, tidak akan tersisa.
  • Untuk alas kaki, usahakan ditaruh didalam kamar setelah menggunakannya.
  • Jika ada yang meminjam barang, catatlah siapa yang meminjam dan barang apa yang dipinjam. Bukan apa apa, cuman jaga jaga kalau kalian lupa, biasanya orang yang pinjam akan lebih lupa.

4.Krisis moneter
Sebagai anak kos, kalian harus pandai pandai dalam memanage uang kalian. Jangan sampai kalian makan enak diawal bulan lalu puasa diakhir bulannya. Gunakan uang sesuai kebutuhan kalian aja. Jika ada kelebihan lebih baik ditabung untuk jaga jaga bulan depannya.
Untuk kalian yang masih kesusahan dalam memanage uang, buatlah daftar atau list kebutuhan kalian untuk memperhitungkan pengeluaran yang memang harus dikeluarkan dan yang masih bisa ditunda. Jangan boros ya kawan kawan..

5.Jam malam
Jika dirumah kalian tidak biasa dibatasi, di kos-kosan kalian harus berusaha keras untuk disiplin dan berlatih mematuhi peraturan ibu kos. Misalnya aja jam malam. Biasanya pada kos-kosan sering dibuat jam malam agar kalian tidak terlalu larut pulang, apalagi kalian yang aktif mengikuti kegiatan kampus. “Jika terlambat pintu gerbang ditutup” itulah kata ibu kos. hahaha.. jadi jangan sampai terlambat pulang ya...

Kira-kira itulah beberapa fakta penting seputar kos-kosan yang harus kalian tahu. Semoga bermanfaat dan berguna buat kalian yang tertarik untuk tinggal ditempat kos. Pesan aja, jangan sampai kalian terjerumus pada hal-hal yang berbau negatif ya kawan kawan. Karena ditempat kos, tidak ada orang tua yang selalu mengawasi dan memperhatikan kalian. Ada ibu kos pun paling paling cuma perhatian mengingatkan untuk jangan telat bayar uang sewa kos.

0 komentar:

Posting Komentar