Jumat, 14 Agustus 2015

5 Hal Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru

Kehidupan perkuliahan jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMA. Bagaimana menyelesaikan tugas, bagaimana berpartisipasi dalam kelas dan bagaimana seorang guru (dosen) menyampaikan materi mata kuliah juga sangat berbeda. Karena hal inilah, sebagai mahasiswa baru kita harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahan.
Ini dia 5 hal yang wajib dimiliki mahasiswa baru :


1. Bisa menyesuaikan diri
Sebagai seorang mahasiswa baru tentunya kita masih terbawa kehidupan SMA, untuk itu diperlukan adaptasi dalam memulai masa kuliah.  Masa kuliah adalah saat untuk keluar dari zona nyaman. Jangan pernah takut untuk bertanya dan membicarakan berbagai masalah yang dihadapi dan meminta bantuan. Kita tak bisa terus didikte dalam segala hal, harus selalu berinisiatif dan bersikap kreatif. Keberanian berbicara di depan umum juga wajib kita miliki. Karena rutinitas keseharian seorang mahasiswa bukan lagi didikte tentang materi mata kuliah, tetapi mahasiswa harus mempresentasikan apa yang mereka pelajari. Sebagai mahasiswa baru kita tak boleh mudah menyerah, harus terus berusaha untuk mencari solusi.

2. Manajemen waktu
Seorang mahasiswa baru harus bisa mengelola waktu mereka dengan baik. Jangan membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting. Bukan sekadar berapa banyak waktu yang kita miliki tapi bagaimana waktu yang ada tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan berbagai tugas kuliah dan mempelajari materi kuliah. Apabila ketika kita sudah mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan di kampus, tentunya waktu kita akan terbagi antara kuliah dan organisasi. Maka diperlukan sebuah perencanaan belajar yang baik agar kita dapat mengelola waktu dengan efektif untuk mengoptimalkan hasilnya.

3. Motivasi
Sejak awal kita masuk kuliah, kita harus mulai menata diri, menentukan apa tujuan hidup kita, apa impian kita, apa prinsip-prinsip kita selama kuliah dan hal-hal lain yang diperlukan. Oleh karena itu kita harus punya motivasi agar kita menjadi mahasiswa yang produktif dan selalu mengambil kesempatan yang ada.  Dengan motivasi diri, kita tak akan akan mempunyai kekuatan dengan segala macam masalah dalam masa kuliah.  Kita tidak akan menyerah dan putus asa ketika kita mulai lelah dan bosan dengan segala rutinitas. Jadilah pribadi yang kuat dan penuh dengan motivasi.

4. Konsentrasi
Kemampuan untuk berkonsentrasi adalah salah satu keahlian belajar yang penting untuk dikembangkan sejak awal kuliah. Tidak ada gunanya rajin mengikuti mata kuliah tetapi kita memikirkan hal lain yang menghilangkan konsentrasi belajar. Dengan berkonsentrasi kita tidak akan sembrono, apalagi dalam menjalani praktek kuliah, karena apabila sekali saja terjadi kesalahan maka akan gagal semua kegiatan praktek kita. Tetapi perlu kita tau, kita tidak akan selalu berada dalam suasana tenang  atau menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk menyelesaikan suatu tugas nanti. Untuk itu, kita perlu belajar bagaimana  cara untuk mengatasi gangguan sehingga kita  dapat memfokuskan seluruh perhatian pada studi Anda.

5.Melek Teknologi
Sebagai mahasiswa baru kita harus melek teknologi, mengikuti perkembangan zaman dan mampu menjalankan semua fasilitas IT yang ada di kampus. Jadi kita harus terus mengikuti perkembangan zaman. Kehidupan mahasiswa bukan lagi didikte pelajaran kemudian dicatat di buku tulis, karena kita bisa memanfaatkan berbagai teknologi baik untuk mencatat, mencari informasi atau hal-hal lainnya. Teknologi ada untuk mempermudah hidup masyarakat jaman sekarang. Dan sebagai mahasiswa paling tidak kita  mengetahui software, aplikasi atau gadget yang sedang nge-tren di kalangan mahasiswa atau di bidang yang relevan dengan studi kita.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar