Selasa, 28 Juli 2015

Tips Aman Memilih Jurusan Kuliah

Saat ini masih banyak ditemukan mahasiswa-mahasiswa yang merasa "salah jurusan" disaat mereka sudah mulai menginjak pada semester 4 atau 5. Dan hal ini bukan lah sesuatu yang jarang ditemukan di dunia perkuliahan nantinya.

Nah, untuk menghindari dari permasalahan ini, mulai sekarang kita harus bisa memilih jurusan yang sesuai dengan potensi dan kepribadian yang kita miliki.

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu kalian-kalian yang masih dalam masa pencarian jurusan yang cocok agar segera mendapatkan pencerahan. 
Mari kita mulai simak tips-tips berikut ini.

1. Carilah Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Minat, Bakat serta Kepribadianmu.
Pada masa SMA, pastilah kalian memiliki beberapa mata pelajaran yang  mendapatkan nilai paling bagus diantara yang lainnya. Dari hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk mencari jurusan kuliah yang cocok dengan dirimu, dimana jurusan itu juga nanti disesuaikan dengan bakat dan kepribadian yang kamu miliki.

2. Sesuaikanlah Jurusan Kuliah yang Kamu Pilih Dengan Hobi dan Cita-citamu.
Pastilah setiap orang memiliki hobi dan cita-cita yang ingin dicapainya. Nah, untuk mencapai cita-cita tersebut langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyesuaikan jurusan kuliahmu dengan cita-cita tersebut. Kemudian juga disesuaikan dengan hobi yang kamu miliki dan jalani hingga saat ini.

3. Carilah Informasi mengenai Jurusan Kuliah Sasaran Sebanyak Mungkin.
Setelah menyesuaikan jurusan kuliah yang kamu inginkan dengan hobi, cita-cita, minat, bakat serta kepribadianmu, sekarang adalah saatnya untuk mencari informasi dari jurusan tersebut sedetail mungkin dan sebanyak mungkin sehingga nantinya kamu tidak akan mengalami kebingungan ketika mulai menjalankan jurusan kuliah tersebut.

4. JANGAN BERPIKIR UNTUK IKUT-IKUTAN DENGAN TEMANMU.
Keadaan ini sering terjadi pada orang-orang yang malas berpikir dan bingung harus berbuat apa untuk mencari jurusan yang sesuai dengan dirinya. Dan nantinya keadaan ini akan mengarah pada rasa penyesalan yang telah terlambat. Jadinya SANGAT disarankan untuk tidak melakukan tindakan ini, kecuali kamu tidak akan pernah berpikir akan rasa penyesalannya nantinya. :)

5. Pertahankan Konsekuensi Pilihan yang Telah Kamu Buat.
Setelah mulai masuk ke dunia perkuliahan jurusan yang telah kamu pilih dengan seksama, saat ini adalah waktu yang tepat untukmu agar selalu sabar dan mau menjaga komitmen yang telah kamu pilih. Dengan berbagai ketidaknyamanan yang timbul di masa perkuliahan, saat ini adalah masa pembuktian bagi dirimu bahwa kamu bisa menjaga komitmen yang telah kamu raih.

6. Mulailah Mencari Alternatif Lain dari Jurusan Kuliah Sasaranmu Saat Ini.
Namun terdapat beberapa masa dimana kita tidak dapat menahan komitmen besar yang berada di pundak kita, dan di masa itu pula adalah masa suram bagi kita. Langkah ini bertujuan untuk menjaga dirimu agar tidak mudah merasa putus asa akan keputusan yang telah kamu ambil. Dan pencarian alternatif juga masih harus berada di lingkup minat dan bakat yang kamu miliki, sehingga nantinya tidak akan ada permasalahan lagi di belakang.

Itulah beberapa tips yang bisa dibahas kali ini, dengan riset yang telah banyak diujicobakan dan dilakukan, tips-tips diatas adalah saran yang paling sesuai dengan kalian yang masih dalam posisi mencari Jurusan Kuliah yang pas dengan keadaan yang kamu harap atau inginkan.
Semoga pembahasan tips ini bisa membantu kalian semua ya.
See you next time !

0 komentar:

Posting Komentar